Aliran Musik Budaya Betawi, Jitak Band Rilis Lagu ‘Cemburu Bute’

AKM • Monday, 12 Apr 2021 - 09:06 WIB

Jakarta - Dunia musik Indonesia kian berwarna dengan hadirnya kelompok musik baru bernama Jitak Band. Band yang beraliran musik budaya Betawi ini telah merilis single perdananya, bertajuk ‘Cemburu Bute’. Lagu ini merupakan karya pertama yang diciptakan Jitak Band. Lirik dan lagu ditulis oleh Sofian Anwar (Jiblik), sedangkan musiknya diaransemen oleh semua personil Jitak Band.

“’Cemburu Bute’ mengisahkan sepasang kekasih yang sering merasa cemburu pada pasangannya,” ujar Sofiyan.

Sofyan menjelaskan, Lagu ini mengisahkan, tokoh lelaki digambarkan sedang gusar karena belum yakin akan cinta pasangannya terhadap dirinya.

"Sedangkan tokoh perempuan digambarkan sebagai sosok yang dapat meyakinkan perasaan pasangannya,” urai Sofiyan.

Dirinya mengaku spontan menciptakan lagu tersebut saat ia baru tiba di kantornya.

“Nggak terinspirasi dari apa-apa, cuma mau bikin lagu duet aja pakai bahasa Betawi. Baru sampai di kantor, langsung dapat ide” ungkap Sofiyan.

Harmonisasi musik yang meriah, lirik yang mudah diingat, ditambah banyolan kedua vocalist secara utuh disajikan dalam lagu. Lagu ini diharapkan dapat menghibur pendengar, khususnya pecinta budaya Betawi.

“Kami ingin ikut mengambil peran dalam merawat budaya Betawi. Terlebih, sebagian besar personil merupakan asli orang Betawi,” ungkap Sofiyan.

Dalam kesempatan terpisah, Dr. Andi Sopandi, pakar sejarah dan budaya Betawi turut mengapresiasi karya Jitak Band.

“Lagu yang dimainkan Jitak Band didorong agar kaya nilai dan selalu memberikan penyegaran,” tuturnya.

Dirinya berpesan bahwa Jitak Band bagus juga bila membuat lagu yang bermakna simbolik, sederhana, dan mengasosiasikan sesuatu yang tidak diduga. Andi juga berpesan bahwa regenerasi penting dilakukan oleh Jitak Band.

Sebagai Informasi, Jitak Band berdiri 17 Maret 2019, berbarengan dengan HUT ke-22 Kota Bekasi. Berawal dari acara seni budaya dan terus berlanjut hingga saat ini. Nama Jitak sendiri diambil dari huruf pertama nama personil formasi pertama yang saat ini telah mengalami sedikit perubahan personil. Dyah (vocalist), Wiwit/Komoy (vocalist), Sofiyan/ Jiblik (drum/ kajon), Isak (melody guitarist), Hasan/ Ambong (bassist), dan Mojo (rhytm guitarist) bertekad memperjuangkan mimpi mereka untuk meramaikan belantika musik Indonesia melalui genre musik Betawi.