Scoot Jadi LCC Pertama yang Raih Status Diamond dalam Audit Kesehatan dan Keamanan Maskapai Global

VIR • Wednesday, 7 Apr 2021 - 17:15 WIB

Jakarta – Scoot meraih status Diamond dalam audit maskapai global Airline Passenger Experience Association (APEX) Health Safety yang didukung oleh SimpliFlying, menjadi maskapai penerbangan bertarif rendah atau low-cost carrier (LCC) pertama di dunia yang mencapai standar tertinggi ini.

Audit tersebut dilakukan bersama oleh APEX, salah satu asosiasi maskapai internasional terbesar di dunia, dan firma strategi aviasi SimpliFlying. Menilai langkah-langkah kesehatan dan keamanan yang dilakukan oleh Scoot untuk merespon pandemi Covid-19 terhadap 58 poin di sepuluh tahap perjalanan penumpang, penilaian tersebut mencakup check-in dan proses pra-penerbangan lainnya, dalam penerbangan, serta pasca-penerbangan.

Hanya maskapai yang memiliki standar kesehatan dan keamanan sekelas rumah sakit, dengan skor sedikitnya 200 poin di atas standar Gold, yang bisa meraih status Diamond. Standar tersebut didasarkan pada langkah-langkah kesehatan dan keamanan yang telah diverifikasi, divalidasi, dan disertifikasi secara independen. 

Campbell Wilson, CEO Scoot, mengatakan, “Scoot berkomitmen untuk memberikan tingkat kepercayaan tertinggi kepada penumpang saat mereka terbang. Sejak awal pandemi Covid-19, kami telah meningkatkan prosedur dan menerapkan langkah-langkah selama perjalanan penumpang, mulai dari meningkatkan kebersihan dan menjaga jarak, menerapkan check-in1 dan pemesanan dalam penerbangan tanpa kontak, dan uji coba verifikasi digital tes Covid-19 sebelum keberangkatan, selain inisiatif-inisiatif lainnya. Scoot bangga menjadi LCC pertama di dunia yang menerima status tertinggi Diamond, dan kami senang upaya kami untuk menjaga kesehatan dan keamanan penumpang dan staf mendapat pengakuan.”

“Langkah terdepan Scoot untuk kesehatan dan keamanan termasuk menjaga jarak aman selama perjalanan penumpang dan menyediakan perlengkapan kebersihan menunjukkan kepedulian yang tinggi kepada penumpang,” kata CEO APEX Dr. Joe Leader. “Untuk langkah-langkah konsumen-sentris dalam menjaga kesehatan dan keamanan penumpang, kami merasa terhormat memberi Scoot status Diamond dalam APEX Health Safety yang didukung oleh SimpliFlying.”

“Scoot telah menetapkan standar yang tinggi untuk kesehatan dan keamanan di antara LCC dengan menjadi LCC pertama di dunia yang meraih sertifikasi standar Diamond. Langkah-langkah seperti memvaksin semua staf di garda depan, menyesuaikan layanan dalam penerbangan menjadi tanpa kontak yang dapat diakses melalui perangkat pribadi penumpang, dan kerangka penilaian risiko Covid-19 yang beroperasi 24 jam sehari 7 hari seminggu membuat maskapai ini menonjol di antara yang lain,” kata CEO SimpliFlying, Shashank Nigam. “Mengambil langkah-langkah lebih dari yang diharuskan dalam memastikan kesehatan dan keamanan akan membantu Scoot mendapat kepercayaan dari penumpang.”

Dalam peringkat keselamatan maskapai versi Airline Ratings, situs internasional yang mengulas keamanan maskapai dan peringkat produk, Scoot juga meraih skor tertinggi tujuh bintang, baik untuk keselamatan maupun kepatuhan Covid-19. Sistem peringkat keamanan tersebut mempertimbangkan faktor-faktor seperti catatan insiden maskapai, audit dari badan regulasi aviasi dan asosiasi, serta kepatuhan maskapai terhadap standar internasional Covid-19. (AZN)