Jokowi Sampaikan Duka Cita Atas Musibah Banjir Bandang di Flores NTT

FAZ • Monday, 5 Apr 2021 - 11:37 WIB

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan belasungkawa atas terjadinya bencana banjir bandang dan tanah longsor di Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Nusa Tenggara Barat (NTB) yang mengakibatkan puluhan orang meninggal dunia.

"Atas nama pribadi dan seluruh rakyat Indonesia saya menyampaikan duka cita yang mendalam atas korban meninggal dunia atas musibah tersebut," ujar Jokowi saat memberikan keterangan pers mengenai bencana di Provinsi NTT dan NTB, Senin (5/4).

"Saya juga memahami kesedihan yang dialami saudara-saudara kita akibat dampak yang ditimbulkan dari bencana ini," ungkap Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk mengikuti arahan petugas di lapangan dan selalu meningkatkan kewaspadaan dari bencana banjir dan longsor karena meningkatnya curah hujan yang ekstream.

"Perhatikan selalu peringatan dini dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan aparat di daerah," pinta Jokowi.

Diberitakan sebelumnya, Bupati Flores Timur, Antonius Gege Hajon mengatakan, sebanyak 67 orang dilaporkan meninggal dunia atas bencana banjir bandang dan longsor di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, pada Minggu (4/4) dini hari.

Terdapat tiga wilayah yang terdampak yakni, Kecamatan Ile Boleng, Kecamatan Adonara Timur dan Wotan Ulumado.

Ada 63 warga di Desa Nelelamadike, Kecamatan Ileboleng, tewas tertimbun longsor dan empat orang dari desa Waiburak dan dari kelurahan Waiwerang Kota.

"Hingga Minggu sore, sedikitnya ada 67 orang meninggal dan puluhan warga diduga masih terjebak longsor," kata Antonius  di Kupang, Minggu (4/4).