Jelang Ramadhan, PDI Perjuangan Jaksel Gelar Donor Darah dan Lantik Pengurus Baguna

ANP • Sunday, 4 Apr 2021 - 18:47 WIB

Jakarta – Sebelum memasuki bulan suci Ramadhan, Pemuda Olahraga (Pora) DPD PDI Perjuangan  DKI Jakarta yang diketuai William Yani dan Pemuda OlaBaguna (Pora) DPC PDI Perjuangan Jakarta Selatan yang diketuai Regina Vianney Ayudya bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) bekolaborasi  melaksanakan program kegiatan sosial donor darah,  Sabtu (3/4). 

Kegiatan yang bertema "Setetes Darah Berbagi Kehidupan" ini dilaksanakan di kantor DPC PDI Perjuangan  di Jl. Pasir No. 3, Ciganjur Jakarta Selatan. Kegiatan ini mengajak masyarakat khususnya warga DKI Jakarta dengan semangat gotong royong, untuk tetap dapat melakukan kegiatan sosial. 

Di tengah maraknya pandemi Covid-19, stok darah yang dimiliki oleh  PMI  berkurang drastis, menyebabkan masyarakat yang membutuhkan transfusi darah dihadapi kesulitan dalam mencari stok darah yang dibutuhkan. Ketua DPC PDI Perjuangan  Jakarta Selatan Hj. Yuke Yurike mengatakan, dengan adanya pandemi di tengah masyarakat, beberapa aspek kesehatan harus tetap dijaga. 

"Khususnya bagi kita organisasi politik yang tahu akan hal tersebut. Oleh sebab itu, kami diberikan perintah dari partai, untuk  melaksanakan kegiatan donor darah guna membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan transfusi darah." kata Yuke. 

Ia menambahkan, program kolaborasi ini nantinya juga diharapkan untuk dapat terus dilakukan dan akan menjadi salah satu agenda rutin PDI Perjuangan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Selain itu, program kolaborasi ini juga memiliki target yang nantinya akan menambahkan donor plasma darah sebagai salah satu program dari kegiatan kolaborasi ini. 

"Dengan adanya Donor darah dan Donor Plasma Darah yang menjadi agenda PDI Perjuangan diharapkan kebutuhan darah bagi masyarakat khususnya di DKI Jakarta dapat terpenuhi." imbuh Yuke. 

Kegiatan ini tetap menjaga protokol kesehatan dengan cara melakukan cek suhu di pintu masuk, wajib menggunakan masker dan melakukan rapid test bagi para pendonor darah, panitia kegiatan serta pihak yang terkait. Selain itu, jarak dan jumlah orang untuk dapat memasuki area kegiatan juga di batasi untuk tetap menjaga kesehatan dan kelancaran kegiatan donor darah.

Di hari dan tempat yang sama,  PDI Perjuangan DPC  Jakarta Selatan melantik sebuah badan baru yang nantinya akan difokuskan untuk penaggulangan bencana di daerah Jakarta Selatan. Pelantikan  ini merupakan bentuk realisasi pembentukan tujuh badan baru di jajaran DPC PDI Perjuangan. 

Dalam sambutannya, Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta Panji Virgianto menghimbau para calon anggota Badan Penanggulangan Bencana  (Baguna) khusunya bagi KSB dan masing - masing kepala biro untuk dapat merencanakan program - program yang  nantinya dapat terealisasikan. 
 
Kegiatan ini ditutup dengan penyerahan simbolis rompi Baguna oleh Yuke Yurike dan Panji Virgianto kepada Tosca Maha Putera selaku Kepala Baguna, Muhammad Arif Rahman selaku Sekretaris Bagun dan Voni Maria Ngantung selaku Bendahara Baguna serta penyerahan Surat Keputusan terkait pembentukan Baguna PDI Perjuangan Jakarta Selatan. (ANP)