Munaslub PB ISSI Tetapkan Kapolri sebagai Ketua Umum

MUS • Saturday, 3 Apr 2021 - 22:10 WIB

Jakarta - Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir yang juga merupakan Ketua Ikatan Sepeda Sport Indonesia (PB ISSI) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), mengikuti Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) PB ISS8 di FX senayan Jakarta.

Pada Munaslub tersebut Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo terpilih sebagai Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Ikatan Sepeda Sport Indonesia (PB ISSI) periode 2021-2025 Ikatan Sepeda Seluruh Indonesia (ISSI) 2021-2025, Sabtu (3/4/3021).

Listyo Sigit ditetapkan secara aklamasi karena menjadi calon tunggal, karena calonnya cuma satu kata Ketua Panitia Pemilihan Munaslub PB ISSI, Jadi Rajagukguk.

Menurut Jadi Rajaguguk, Listyo telah memenuhi semua syarat yang ditetapkan. Itu setelah Komite Pemilihan Munaslub PB ISSI melakukan verifikasi dan rapat penetapan.

"Pada 29 Maret 2021, pukul 19.00 WIB, diputuskan hanya satu orang yang mengajukan proposal, yakni bapak Kapolri Listyo Sigit Prabowo," jadi menjelaskan.

Dalam penetapan tersebut Listyo tidak hadir secara langsung karena sedang ada kegiatan negara yang tak bisa ditinggal dan diwakilkan oleh Asisten Kapolri Bidang Perencanaan Umum dan Anggaran (Asrena), Irjen Pol. Wahyu Hadiningrat.

Wahyu Hadiningrat mengatakan Kapolri saat ini sedang ada tugas negara di NTT sehingga ia menitipkan pesan bahwa dirinya berterima kasih telah diberi kepercayaan untuk memimpin PB ISSI.

Ia juga mengatakan tidak bisa bekerja sendiri dan perlu kerja sama antarprovinsi, klub, komunitas dan seluruh stakeholder balap sepeda di seluruh Indonesia.

Wahyu juga menyampaikan akan melanjutkan program PB ISSI sebelumnya pada kepengurusan berikutnya, yakni enam program strategis yang meliputi peningkatan kualitas pelatih, komiser/wasit, penyelenggara event, sarana dan prasarana venue.

Lebih lanjut Wahyu menyampaikan pesan Listyo bahwa melihat dan mempelajari capaian PB ISSI pada 2019 hingga saat ini di bawah kepemimpinan Raja Sapta Oktohari, mulai dari prestasi di Asian Games, SEA Games, sangat mengapresiasi, dan selanjutnya Listyo Sigit akan menyusun kepengurusan PB ISSI 2021-2025 bersama tim formatur yang terdiri atas Sekretaris Jenderal PB ISSI Parama Nugroho dan Ketua Steering Committee Jadi Rajagukguk.

Terpilihnya Listyo Sigit Prabowo menggantikan posisi ketua umum periode 2019-2023 Raja Sapta Oktohari yang harus mundur dari jabatannya karena tidak bisa merangkap jabatan. Oktohari terpilih menjadi Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) pada Oktober 2019. (HenQ)