Kompolnas: Penanggulangan Terorisme harus jadi Agenda Prioritas Polri 

MUS • Friday, 2 Apr 2021 - 09:02 WIB

Jakarta - Menyikapi aksi terorisme di tanah air saat ini, Kompolnas dalam kajian usulan arah kebijakan Polri yang masih proses penyelesaian, telah memandang kejahatan terorisme sebagai agenda prioritas Polri untuk menjaga keamanan dalam negeri. Karena secara internasional, jaringan kejahatan terorisme masih sangat kuat saat ini.

"Bom bunuh diri di Makasar dan serangan teroris bersenjata api di Mabes Polri, menunjukan bahwa jaringan kejahatan terorisme nyata dan potensial untuk terjadi di waktu kapan pun dan dimana pun," kata anggota Kompolnas,  Yusuf Warsyim di Jakarta, Jumat (2/4/2021)

Oleh karena itu, dalam waktu dekat ini Kompolnas akan segera menyampaikan kepada Presiden, usulan arah kebijakan Polri tahun 2021, yang salah satunya terkait pemberantasan kejahatan terorisme.

"Dalam kajian saya sebagai anggota Kompolnas, bagaimanapun kejahatan terorisme itu dilakukan oleh anggota masyarakat yang memiliki paham beragama yang menyimpang, yang dianggap ekstrim dan radikal. Nah kebijakan pemberantasan kejahatan terorisme oleh Polri harus benar-benar menyentuh akarnya, yaitu paham beragama yang menyimpang tersebut," ucap Yusuf.

Oleh karena itu, Polri dapat bekerjasama dengan MUI dan ormas keagamaan lainnya, seperti Muhammadiyah atau NU secara massif dan sistematis, untuk membina masyarakat agar tidak mudah terpapar paham beragama dalam pemikiran ekstremisme dan radikalisme.

"Apalagi di tengah era medsos saat ini, generasi muda berpotensi terpapar paham beragama yang menyimpang, tidak hanya paham ekstrimisme dan radikalisme," tandas Yusuf. (Jak)