PMI Fasilitasi Rapid Antigen untuk 350 Guru dan Masyarakat

MUS • Thursday, 1 Apr 2021 - 18:42 WIB

Blora –  Palang Merah Indonesia (PMI) melakukan Rapid Antigen kepada 350 guru di Kabupaten Blora secara gratis. Rapid Antigen tersebut dilaksanakan di kecamatan-kecamatan dengan berkoordinasi Dinas Pendidikan Kabupaten Blora , karena sasaran adalah para guru.  

Ketua PMI Kabupaten Blora, Sutikno Slamet mengatakan adanya fasilitas Rapid Antigen gratis ini diharapkan bisa menyukseskan rencana pembelajaran tatap muka di sekolah-sekolah. Khususnya bagi guru yang belum terfasilitasi atau terjadwal untuk vaksinasi.   

“Untuk tahap pertama rapid dilakukan di Klinik PMI Blora dan akan dilakukan sebanyak 60 guru yang sudah mendaftar, selebihnya nanti akan di kecamatan-kecamatan,” ujar Ketua PMI Blora Sutikno Slamet.

Untuk kelancaran rapid antigen, PMI Blora berkoordinasi dengan Gugus Tugas, dan Dinas Kesehatan. PMI Kabupaten Blora juga telah menyiapkan dokter dan tenaga medis yang ada di Klinik PMI Blora. Pembagian di kecamatan-kecamatan juga dalam rangka menerapkan protokol kesehatan. 

Rapid antigen yang dilakukan sekaligus bentuk kepedulian PMI membantu pemerintah dalam penanggulangan pandemi Covid-19. Adanya guru yang sudah di rapid antigen tentu akan semakin memantapkan sekolah dalam penerapan pembelajaran tatap muka.

“Rapid antigen ini atas dukungan dari PMI Pusat, dan sangat membantu bagi dunia pendidikan khususnya di Blora, dan masyarakat,” jelasnya

Sementara itu Kepala Markas PMI Blora Dwi Puji Rahayu menambahkan selain kepada guru-guru, rapid  antigen juga diperuntukkan kepada masyarakat. Pelaksanaannya dilakukan bertahap. Tahap pertama dilakukan sebanyak 60 guru di Klinik PMI Blora, Kamis (1/40). Kemudian di Puskesmas Ngawen, Selasa (6/4), Rabu (7/4) di Klinik PMI dan Kamis (8/4) di Puskesmas Jepon.