Pintu Gerbang Menuju Kampus Unggulan 2025

ANP • Wednesday, 31 Mar 2021 - 22:33 WIB

JAKARTA - Universitas Krisnadwipayana meresmikan pintu gerbang dan pos satpam. Hadir Ketua Pengurus Harian Yayasan Amir Karyatin, SH, Sekretaris Ketua Pengurus Yayasan, Wakil Sekretaris Pengurus Yayasan dan Bendahara Pengurus Yayasan. Selain itu, juga dihadiri oleh Rektor Unkris Dr. Ir Ayub Muktiono, M.SiP, CIQaR , beserta para Wakil Rektor I,II dan III, Jajaran Ketua-ketua Lembaga, Para Dekan dan  Wakil Wakil Dekan I, II dan III dari Fakultas Hukum, Ilmu Administrasi, Ekonomi, dan Teknik. 

Sejarah panjang Unkris 69 tahun Dr. Siswantari Pratiwi SH, MM, MH menyampaikan kilas balik semangat berdirinya Unkris sejak tahun 1952 – 2021,  sebuah keinginan dan cita cita luhur nan mulia dari para pendiri Unkris yang salah satunya adalah D. Usman yang turut mendorong pembanguan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa hingga lahirnya fakultas-fakultas di Universitas Krisnadwipayana yaitu, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Administrasi, dan Fakultas Teknik pada strata  sarjana. Tekad kuat dalam membangun manusia Indonesia ini terus terlihat dengan hadirnya program Pascasarjana Magister pada tahun 1993 Magister Manajeman, dan tahun 1996 Magister Hukum, 1998 Magister Administrasi dan tahun 2004 Magister Teknik.

Perkembangan Unkris sampai pada titik 69 tahun dengan seluruh kebaruan sesuai tuntutan jaman terus dilakukan demi memaknai semangat juang para pendiri Unkris dan juga mendukung pemerintah dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai yang  diamanatkan  pembukaan UUD 1945.

Ketua Pengurus Yayasan Unkris, Amir Karyatin menyatakan, kebahagiaannya dapat berkumpul bersama civitas akademika Unkris di pintu gerbang Utama Kampus Universitas Krisndwipayana dan Pos Satpam. Menurutnya, pintu gerbang adalah sebuah simbol dibukanya sebuah kesempatan untuk memasuki suatu kegiatan baru bagi seluruh civitas akademika yang ada di Unkris.

"Langkah-langkah yang kita buat menggambarkan sebuah proses yang terus menerus untuk sampai pada langkah yang ditetapkan yaitu pada tahun 2025 menjadi kampus Unggul. Seluruh proses dari setiap Langkah tersebut hanya dapat terwujud jika kita melaksanakan dengan penuh iklas, cerdas, tuntas, aman," tegas Amir Karyatin, sesaat setelah menandatangani Prasasti  peresmian pintu gerbang dan pos satpam Unkris, di Jakarta, Rabu (31/3/2021).

Menurutnya, keiklasan merupakan sumber kekuatan dan kebahagiaan hidup. Selain itu, cerdas membentuk insan terdidik dalam menyelesaikan setiap persoalan dan Tuntas adalah wujud dari sikap yang pasti dari semua proses yang harus dijalani.

"Pintu gerbang ini juga sebuah pertanda baik bagi generasi muda dalam memacu dirinya untuk menerima estafet kepemimpinan yang baik dimasa depan. Dan harapannya kader kader kepemimpinan Unkris yang muda mampu berkembang memajukan Unkris dengan membangun citra positif bagi Unkris dalam menjawab perubahan peradaban dan daya saing global sehingga keluaran dari Unkris kedepannya mampu mengisi seluruh lini pada semua bidang keahlian demi memajukan negara bangsa Indonesia. Pos Satpam adalah simbul dari benteng pertahanan dan keamanan bagi warga civitas akademika untuk aman menjalankan rutinitasnya. Dengan terjaga aman maka program program yang dirancang untuk kemajuan Unkris dapat dilaksanakan dengan sebaik baiknya," katanya. 

Sementara itu, Rektor Universitas Krisnadwipayana Dr. Ir Ayub Muktiono, M.SiP, CIQaR mengatakan, pos satpam ini memiliki makna filosofi yang kuat khususnya pada unsur unsur warna yang digunakan sebagai cerminan dari warna warna fakultas. Menurutnya, unsur warna merah adalah cerminan dari fakultas hukum sebagai warna atap memberikan perlindungan dan keteduhan.

"Karena  kita selalu taat pada aturan aturan atau  hukum yang berlaku , hukum adalah panglima  tertinggi, di bawah atap adalah lisplang dengan warna kuning yang merupakan simbol warna fakultas ekonomi, semua akan bisa berjalan dengan baik jika kesejahteraan terwujud. Selanjutnya plafon dan dinding berwarna putih yang merupakan cerminan simbol warna fakultas Ilmu Administrasi, dengan tertib administrasi maka seluruh sistem yang mendukung alur birokrasi dapat berjalan sebagaimana semestinya. Selanjutnya kolom -kolom pada bangunan pos satpam berwarna hitam adalah simbul fakultas Teknik, warna yang karismatik, kuat, dengan pemikiran dan perhitungan perhitungan yang tepat dan presisi maka bangunan pos satpam ini akan kuat berdiri meskipun ada guncangan angin atau benturan. Demikianlah filosofi warna warna dari Fakultas yang ada di Universitas Krisnadwipayana yang diwujudkan pada bangunan pos satpam sebagai garda terdepan dalam menjaga ketahanan dan pertahanan eksistensi Kampus Unkris," ujar Ayub yang didaulat dalam acara tersebut untuk menggunting pita peresmian pos satpam. (ANP)