Inilah Strategi Mengelola Jadwal Belajar Mandiri

ANP • Tuesday, 30 Mar 2021 - 21:48 WIB

JAKARTA - Di masa pandemi saat ini pelajar harus dapat menyesuaikan keadaan yang terjadi, dimana pembelajaran tidak dapat dilakukan di sekolah. Siswa sebelumnya belajar tatap muka di sekolah dan  sekarang menggunakan sistem pembelajaran online dari rumah. Proses belajar kondisi ini membuat siswa harus menyesuaikan dengan keadaan belajar jarak jauh. Penerapan pembelajaran daring pada situasi ini tidaklah mudah. Siswa juga dituntut agar mampu belajar mandiri dengan tujuan meraih ketuntasan belajar. Dalam hal ini pengelolaan jadwal belajar mandiri amatlah penting.

Makna belajar mandiri artinya siswa tidak lagi mengantungkan diri kepada orang lain, siswa memiliki inisiatif dan bertanggung jawab menyelesaikan tugasnya hingga selesai. Belajar secara mandiri sebagai bentuk  dimana siswa mampu  membuat  keputusan-keputusan penting  yang  sesuai  dengan  kebutuhan  belajarnya  sendiri.

Biro Humas & Sekretariat Universitas Mercu Buana kembali menggelar program UMB Campus Talk Virtual Part XX, mengusung tema “Pengelolaan Jadwal Belajar Mandiri Di Masa Pandemi” bertempat di Edupark I AM UMB (24/03/2021). Kegiatan ini diikuti oleh 117 peserta dari SMAN 95 Jakarta. Kegiatan dengan narasumber guru bimbingan konseling SMAN 95 Jakarta, Dra. Iin Yuningsih,MM, dan Dosen Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana, Aulia Kirana, M.Psi.,Psikolog dimoderatori oleh Alumni UMB, Muhammad Afif Fathoni.

Guru Bimbingan Konseling SMAN 95 Jakarta, Iin Yuningsih menyebutkan, 4 point penting dalam proses pengelolaan jadwal belajar mandiri di masa pandemi yakni pertama anak harus bisa mengatur jadwal belajar, kedua anak harus mengenal kekurangan dan kekuatan diri, ketiga memiliki tujuan dan keempat mengembangkan budaya literasi.

Sedangkan Dosen Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana, Aulia Kirana, M.Psi.,Psikolog memaparkan strategi yang dapat diterapkan agar siswa dapat mengelola jadwal belajar mandiri, sebagai berikut;

  1. Merencanakan dan membuat tujuan belajar
  2. Mengelola waktu dengan mengatur jadwal secara seimbang
  3. Mengontrol lingkungan belajar guna mempermudah proses belajar
  4. Upayakan memahami materi secara berulang, seperti merangkum dengan bahasa yang mudah dipahami
  5. Yakin akan diri sendiri untuk berusaha lebih giat
  6. Carilah bantuan saat menghadapi kesulitan

“Strategi pengelolaan jadwal belajar mandiri meliputi aktivitas-aktivitas yang berfokus pada tujuan belajar secara langsung dapat dilakukan, dapat dimodifikasi dan dimaintain segala aktivitas belajarnya. Beberapa strategi cukup efisien dapat membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar mandiri di masa pembelajaran daring,” katanya.

Pengelolaan jadwal belajar mandiri di masa pandemi ini tentunya kita semua punya harapan ingin bisa beradaptasi dengan situasi ini. Bisa memanage waktu belajar dengan baik, ingin tetap sehat dan tetap produktif. Namun kenyataannya, kita semua belum bisa memaksimalkan hal tersebut. Pertanyaannya adalah bagaimana kita dapat mengoptimalkan pembelajaran di masa pandemi ini? Berikut 7 Tips yang dirangkum moderator

Tips dalam pengelolaan jadwal belajar mandiri di masa pandemi yaitu:

1. Atur manajemen waktu dengan baik:  membuat jadwal “to-do list” dengan menuliskan apa saja yang harus kamu kerjakan dalam satu hari. Mempunyai target yang harus dicapai.

2. Susun menu belajar: Belajar memang penting, tapi jangan lupa kalau kamu juga butuh istirahat. Ini adalah salah satu menu yang perlu kamu siapkan kalau ingin belajar secara mandiri, yaitu waktu belajar.  Waktu istirahat bisa dengan melakukan refreshing untuk menjaga kesehatan mental kita.

3. Inisiatif melibatkan orang lain: Dalam konteks belajar di rumah, kamu bisa melakukan inisiatif dengan melibatkan orang lain dalam proses belajar. Orang lain dapat berfungsi sebagai pihak yang bisa mengevaluasi pemahaman kamu terhadap sebuah materi pelajaran. Komunikasi antara orang tua dengan anak sangat penting terlibat dalam hal ini. Supaya adanya komunikasi dua arah yang menjadi hal positif

4. Konsentrasi penuh: Jauhkan perhatian kamu dari benda-benda yang sekiranya menciptakan distraksi. Seperti game di ponsel atau hal lain yang membuat kamu tidak fokus dengan belajar via daring ini. Menjaga kualitas tidur sangat penting supaya tetap fokus dalam belajar

5. Kenali irama dan jam biologis badan: Pada, setiap kita memiliki irama kerja dan jam biologis badan yang berbeda. Sebagian orang lebih aktif dipagi hari, sebagian lagi lebih mudah berkonsentrasi dan bekerja di malam hari.

6. Tidak menunda-nunda: Jadwal dan target yang telah kita susun berguna agar kita tidak menunda-nunda mengerjakan sesuatu. Jadi, penting agar kita tetap dan terus mengerjakan apa-apa yang harus dituntaskan.

7. Menjaga kesehatan: Sangat penting menjaga kesehatan di masa pandemi ini. Menjaga kualitas tidur yang baik, dan hidup sehat berolaharga sangat membantu kita dalam mengoptimalkan jadwal belajar mandiri di masa pandemi. (ANP)