Buka Rakerda MUI, Gubernur Harapkan Sinergi Program Kerja dengan Pemprov Sultra

MUS • Saturday, 27 Mar 2021 - 11:33 WIB

Kendari - Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi membuka Rapat Kerja Daerah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Sultra Tahun 2021, di salah satu hotel di Kota Kendari, Sabtu (27/3/2021).

Dalam sambutannya Ali Mazi mengatakan, masih segar dalam ingatannya tentang peristiwa penting pada 22 Januari lalu, saat membuka pelaksanaan Musyawarah Daerah (MUSDA) ke-6 MUI Prov.Sultra di tempat yang sama. Sesuai laporan yang diterima, musda MUI terlaksana dengan baik, tertib, aman dan dukses dengan senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai dan prinsip musyawarah sebagai salah satu perintah agama dalam menyelesaikan sebuah urusan.

"Alhamdulillah, forum Musda tersebut menghasilkan Surat Keputusan Kepengurusan super cepat, yakni hanya dalam tempao eaktu satu hari pasca pelaksanaan musda, serta mendapat apresiasi luar biasa dari MUI Pusat, sebagai pelaksanaan musda MUI provinsi terbaik di Indonesia," ungkap Ali Mazi. 

Tentu keberhasilan tersebut adalah sebuah capaian yang patut dibanggakan dan akan terus dipertahankan bahkan ditingkatkan, dalam kaitan pengelolaan organisasi/lembaga yang bertumpu pada prinsip musyawarah, serta jauh dari kecenderungan ego personal, ego sektoral dan ego kepentingan.

Pada forum musda MUI terbentuk kepengurusan baru yakni terpilihnya kembali Prof. Dr. Abdullah Al hadza sebagai ketua dewan pertimbangan, K.H. Mursyidin sebagai ketua umum dan Dr. Supriyanto sebagai Sekretaris Umum MUI Provinsi Sultra, Periode 2021-2026.

Pada rakerda MUI yang mengangkat tema "Peran Strategis MUI Sultra Dalam Penguatan Sosial-Ekonomi Keumatan", Gubernur Ali Mazi berharap forum ini dapat menghasilkan program kerja, baik untuk penguatan kelembagaan MUI maupun untuk pembinaan dan kemasalahatan umat.

"Semoga program kerja yang akan ditetapkan dalam rakerda ini dapat bersinergi dengan program dan arah kebijakan pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara, khususnya program kerja prioritas Sultra berbudaya dan beriman, yang sejatinya melalui program tersebut diharapkan meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran agama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," harap Ali Mazi.

Diakhir sambutannya dalam membuka Rakerda MUI Sultra, Gubernur Ali Mazi mengatakan, tahun 2021 ini akan diselenggarakan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-5 Korpri Tingkat Nasional, dimana Prov.Sultra dipercaya sebagai tuan rumah, untuk itu Gubernur berharap dukungan dari semua pihak, Forkopimda, OPD, instansi vertikal dan LPTQ, termasuk MUI, serta seluruh masyarakat Sulawesi Tenggara. (HenQ)