HUT Ke-32, RS Premier Jatinegara Luncurkan Layanan Tele Emergency dan Tele Stroke

ANP • Thursday, 25 Mar 2021 - 22:30 WIB

Jakarta - Dalam rangka memperingati hari ulang tahun Rumah Sakit Premier Jatinegara yang ke 32 tahun pada hari Kamis, 25 Maret 2021 di Hotel Mulia Senayan Rumah Sakit Premier Jatinegara meluncurkan pelayanan terbaru dari rumah sakit Kami yaitu Tele Emergency dan Tele Stroke.

Layanan Tele Emergency ini diharapkan dapat memberikan kemudahan akses dan pendampingan bagi masyarakat Indonesia dalam kondisi dan keadaan darurat medis secara cepat dan tepat.

CEO dari Rumah Sakit Premier Jatinegara, dr.Susan Ananda, MARS mengatakan,  layanan Tele Emergency memungkinkan pasien untuk dapat berkonsultasi langsung oleh dokter umum gawat darurat maupun spesialis secara on-line dan mendapatkan arahan terhadap langkah-langkah pertolongan pertama yang dapat dilakukan oleh pasien, untuk menghindari terjadinya perburukan hingga menunggu layanan ambulans tiba di lokasi jika dibutuhkan.

"Sedangkan untuk Layanan Tele Stroke lebih spesifik menangani kegawatdaruratan stroke dimana kecepatan waktu penanganan sangat signifikan dibutuhkan bagi pemulihan pasien atau yang kita kenal dengan istilah Golden Period," tegas CEO dari Rumah Sakit Premier Jatinegara, dr.Susan Ananda, MARS

Menurut Susan, kedua layanan Tele Emergency dan Tele Stroke ini diharapkan dapat memberikan kemudahan akses layanan kesehatan secara cepat dan tepat bagi masyarakat Indonesia untuk meningkatkan keselamatan pasien.

"Hal tersebut selalu menjadi prioritas utama bagi Rumah Sakit Premier Jatinegara," ujarnya.

Selain itu, Stroke Unit merupakan salah satu fasilitas unggulan, yang juga merupakan salah satu center of excellence dari Rumah Sakit Premier Jatinegara.

"Layanan yang dikepalai oleh dr.Sukono Djojoatmodjo,Sp.S telah dua kali dianugerahi penghargaan oleh World Stroke Organization sebagai salah satu Rumah Sakit dengan layanan stroke terbaik di Indonesia," katanya.

dr.Sukono menjelaskan, bahwa stroke merupakan penyebab kematian dan kecacatan tertinggi oleh karena itu pihaknya terus melakukan pengembangan terhadap penanganan stroke.

Diantaranya adalah layanan Tele Stroke sebagai produk yang dihasilkan oleh rumah sakit, dimana pasien akan dituntun untuk mengetahui apakah kegawatdaruratan yang dialami stroke atau bukan.

"Jika stroke maka pasien akan dibimbing agar segera medapatkan perawatan di Instansi Gawat Darurat. Di Rumah Sakit Premier Jatinegara Instalasi Gawat Darurat Kami telah bekerjasama dengan Stroke Unit dan ditunjang dengan fasilitas radiologi yang memadai sehingga memiliki kompetensi diagnosis yang sangat kompeten. Selain itu, IGD RS Premier Jatinegara adalah area aman bebas covid , karena telah diatur terpisah dengan IGD zona Merah ( menerima pasien suspek Covid 19)," tambahnya.

RS Premier Jatinegara juga meluncurkan layanan Tele – Emergency. Dokter spesialis bedah, dr. Sony Wijaya, Sp.B meyakini, bahwa layanan ini dapat memberikan banyak manfaat terhadap pengananan gawat darurat pasien. Ia mengatakan, pada banyak kasus pasien mengalami perburukan akibat kesalahan perawatan atau penundaan penanganan sebelum mendapatkan perawatan di rumah sakit, karena berbagai hal.

"Sehingga layanan ini diharapkan dapat menjadi solusi bagi pasien yang masih takut ke RS, dan sebagai upaya pencegahan terhadap kesalahan penanganan atau perawatan yang tertunda tersebut," kata Sony.

Rumah Sakit Premier Jatinegara merupakan bagian dari Ramsay Sime Darby Health Care Indonesia yang berdiri pada tanggal 25 Maret 1989 dan berlokasi dikawasan Jatinegra, Jakarta Timur. Memiliki visi untuk menjadi penyelenggara pelayanan kesehatan terkemuka di Asia dengan memberikan layanan yang berkualitas dan berkesinambungan. Rumah Sakit Premier Jatinegara memiliki layangan unggulan diantaranya Neuro Center – Stroke Unit & Neuro Surgery, Cardiac Center, Digestive Center, Urology Center.

Ramsay Sime Darby Health Care Indonesia merupakan bagian dari Ramsay Health Care Group Australia yang memiliki lebih dari 220 rumah sakit yang tersebar di Australia, Asia dan Eropa dan Sime Darby Malaysia. Di Indonesia Ramsay Sime Darby Health Care Indonesia memiliki tiga unit rumah sakit yaitu, RS Premier Jatinegara, RS Premier Surabaya Dan RS Premier Bintaro. Komitmen untuk memberikan pelayanan berkualitas, ditegaskan dan ditunjukkan dengan keberhasilan dalam memperoleh akreditasi internasional dari JCI (Joint Commision International), HICMR (Hospital Infection Control Management Risk) dan akreditasi nasional dari KARS (Komite Akrediatsi Rumah Sakit) dan ISO bagi ke tiga rumah sakit kami, serta sertifikasi halal bagi Rumah Sakit Premier Jatinegara. (ANP)