Wali Kota Harap Visi Kota Kendari Terwujud Pada Musrenbang RKPD

MUS • Thursday, 25 Mar 2021 - 14:57 WIB

Kendari - Musyawaran Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Tingkat Kota Kendari resmi dibuka Wali Kota Kendari H.Sulkarnain Kadir di PlazaInn Kendari, Kamis (25/03/2021).

Dalam sambutannya Sulkarnain Kadir mengatakan, Musrenbang RKPD sangat penting dilakukan dalam rangka merumuskan program kerja bersama atas usulan dari masyarakat di tingkat RT/RW, Kelurahan hingga Kecamatan, Rencana Kerja (Rencana Kerja) perangkat daerah dan hasil reses Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

"Saya harap semua pihak baik birokasi, legislatif dan unsur lainnya bisa berkoordinasi dengan baik dan dapat mencapai program yang diinginkan. Bisa mewujudkan visi Kota Kendari menjadi kota yang layak huni berbasis ekologi (lingkungan), informasi dan teknologi," kata Sulkarnain Kadir.

Kegiatan ini memiliki isu strategis karena akan lahir ide-ide dan gagasan dari semua stakeholder yang terlibat dalam menyusun program dan kebijakan tahun 2022.

"Di tahun terakhir Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) ini, kita berkonsentrasi dengan penataan kota dan optimalisasi pelayanan. Saya berharap program yang kita lakukan seiring sejalan dengan program pemerintah pusat dan pemerintah provinsi," ungkap Sulkarnain Kadir.

Melalui kegiatan Musrenbang ini diharapkan juga dapat membantu dalam menurunkan angka kemiskinan, angka pengangguran terbuka, meningkatkan indeks pembangungan manusia dan laju pertumbuhan ekonomi.

Ada beberapa isu strategis yang menjadi konsentrasi dalam menyusun program tahun 2022, di antaranya peningkatan sumberdaya manusia, termasuk peningkatan pelayanan dan mutu pendidikan, pelayanan sosial, peningkatan kualitas tenaga kerja, kebijakan optimalisasi pelayanan publik berbasis teknologi.

Selain itu Pemkot Kendari juga fokus pada penataan kota berbasis ekologi dengan memperbaiki akses sanitasi, pelayanan air bersih, mamaksimalkan ruang terbuka hijau, sarana jalan dan meningkatkan sarana prasarana pemerintahan.

Tak lupa juga kebijakan peningkatan daya saing ekonomi dengan mendorong UMKM agar bisa bersaing dengan pengusaha lain, serta menjamin keamanan dan ketertiban yang kondusif.

Akhir sambutannya, Wali Kota berterima kasih kepada Ketua dan anggota DPRD Kota Kendari yang telah bekerja sama sehingga program pemerintah bisa berjalan dengan baik. Demikian pula dengan Forkopimda Kota Kendari, serta seluruh stakeholder yang telah membantu sehingga pelaksanaan pembangunan bisa berjalan dengan baik.

Turut hadir dalam musrenbang RKPD kali ini, Ketua DPRD Kendari Subhan, jajaran Forkopimda serta seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkot Kendari. (HenQ)