Pemkab Sleman Rehab Rumah tak Layak Huni milik Warga Gamping

MUS • Wednesday, 24 Mar 2021 - 19:02 WIB

Sleman - Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo meresmikan rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) milik Sudi Pawiro, warga Kronggahan 2, Trihanggo, Gamping Sleman pada Rabu (24/3). Rehab RTLH ini merupakan program bantuan dari Baznas Kabupaten Sleman bekerjasama dengan Polda DIY.

Ketua Baznas Kabupaten Sleman, Kriswanto mengatakan bantuan yang diberikan untuk rehab tersebut sebesar Rp 15.000.000,-. Selain bantuan rehab RTLH, Baznas Sleman juga memberikan bantuan kesehatan sebesar Rp 3.000.000,- pada Sigit Setiawan warga Geplakan, Banyuraden, Gamping serta bantuan sembako dari Polda DIY.

“Baznas Kabupaten Sleman pada tahun 2020 berhasil mentasharufkan bantuan RTLH sebanyak 27 rumah,”ujarnya.

Bupati Sleman, Kustini berharap bantuan kegiatan penanganan RTLH dapat mempercepat program pengentasan kemiskinan dengan mewujudkan rumah yang layak huni bagi masyarakat miskin.

Pemerintah Kabupaten Sleman terus berupaya melakukan penanganan RTLH. Pada tahun 2020 ada sebanyak 1538 RTLH yang telah tertangani. Penanganan RTLH yang dialokasikan melalui anggaran APBD/APBN dan juga CSR. Anggaran melalui APBD Kabupaten Sleman tahun 2020 berhasil menangani 306 RTLH. Sementara melalui APBN ada sebanyak 1205 RTLH.

“Untuk mendukung penanganan RTLH, Pada tahun 2021 Pemkab Sleman melakukan pendataan yang melibatkan segenap komponen masyarakat sampai di tingkat bawah,” tambahnya. (Ron)