Peringati Hari Air Sedunia Ke-29, BWS Sulawesi IV Bersama Pemkot Kendari Tanam Pohon Produktif

MUS • Monday, 22 Mar 2021 - 18:17 WIB

Kendari - Dalam rangka Hari Air Sedunia Ke-29 tahun 2021 yang mengusung tema “Mengelola Air, Menjaga Kehidupan”,  Balai Wilayah Sungai Sulawesi IV Kendari melaksanakan kegiatan penanaman pohon produktif di Kolam Retensi Boulevard Kendari,  sebagai bagian dari Program Penanaman Pohon di Bangunan Konservasi Air (Bendungan dan Embung) seluruh Indonesia bersama PUPR, Senin (22/3/2021).

Hadir mewakili Wali Kota Kendari, Sekretaris Daerah Kota Kendari, Nahwa Umar. Dalam sambutannya ia menyampaikan bahwa kegiatan penanaman pohon dalam rangka peringatan Hari Air Dunia ini dilakukan untuk mengingatkan akan pentingnya air bagi kehidupan manusia, flora maupun fauna di muka bumi. 

“Saat ini dunia dihadapkan dengan berbagai permasalahan air, lebih dari dua milyar atau empat puluh persen penduduk dunia hidup tanpa air bersih. Di sisi lain pertumbuhan populasi penduduk yang sangat cepat menyebabkan kebutuhan air bertambah hingga tiga puluh persen pada tahun 2050 mendatang. Di Indonesia sendiri pemerataan air bersih di seluruh wilayah menjadi salah satu tantangan dalam pengelolaan sumber daya air yang terpadu dan berkelanjutan”, ungkap Nahwa Umar. 

Lebih lanjut, Nahea Umar menjelaskan bahwa peringatan ini merupakan upaya bersama untuk meningkatkan perhatian publik akan pentingnya air dan pengelolaan sumber air yang berkelanjutan. 

“Hari air dunia merupakan momentum untuk mengajak generasi milenial agar turut berperan aktif menjaga lingkungan dan air. Upaya menjaga ketahanan air ini harus dilaksanakan oleh semua pihak. Salah satunya melalui kegiatan penanaman pohon hari ini di Kolam Retensi," tambahnya.

Tak hanya itu, ia juga kerap menyampaikan harapannya agar melalui kegiatan ini dapat terbentuk pemahaman dan kesadaran dalam masyarakat bahwa bukan hanya hak pengunaan air yang dimiliki tetapi juga bertanggung jawab wajib untuk memberikan kontribusi dalam memelihara alam dan lingkungan yang merupakan sumber air. 

“Saya mengucapkan terima kasih bagi masyarakat serta semua pihak yang terlibat dalam melestarikan alam serta lingkungan guna menjaga kelestarian air di Kota Kendari yang kita cintai,” pungkas Nahwa Umar. (HenQ)