Rakornas Perpustakaan 2021, Kuatkan Peran Perpustakaan dalam Transfer Pengetahuan

AKM • Monday, 22 Mar 2021 - 16:30 WIB

Jakarta -  Keberadaan Perpustakaan di Indonesia terus mendapatkan perhatian banyak pihak. Optimalisasi peran dan fungsi perpustakaan dimasa kini menjadi tugas bersama. 

Pada hari ini, Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Perpustakaan 2021 dengan melibatkan berbagai stakeholder digelar 22-23 Maret 2021 secara daring.

Rakornas tahun ini mengusung tema "Integrasi Penguatan Sisi Hulu dan Hilir Budaya Literasi dalam Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural".

Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas), Muhammad Syarif Bando menyatakan, Rakornas bertujuan menguatkan peran perpustakaan dalam transfer pengetahuan untuk meningkatkan budaya literasi. 
Sekaligus berperan dalam pemulihan ekonomi nasional.

Konsolidasi dan koordinasi antarpemangku kepentingan di bidang perpustakaan secara intens dilakukan dalam Rakornas, sehingga perpustakaan sebagai leading sector dalam peningkatan literasi, inovasi, dan kreativitas bisa mewujudkan masyarakat berpengetahuan dan berkarakter," ujar Syarif Bando dalam sambutannya dalam Rakornas Bidang Perpustakaan 2021 secara daring, Senin (22/3/2021).

Menurutnya, literasi adalah kunci utama untuk berdaya saing. Menurutnya ada 4 tingkatan literasi yakni pertama, kemampuan mengumpulkan sumber-sumber bahan bacaan.

"Kedua, kemampuan memahami apa yang tersirat dari yang tersurat. Lalu ketiga, kemampuan mengungkapkan ide atau gagasan baru, teori baru, dan kreativitas serta inovasi baru hingga memiliki kemampuan menganalisis informasi dan menulis buku," jelas Syarif.

Sementara yang keempat adalah kemampuan menciptakan barang atau jasa yang bermutu yang bisa dipakai dalam kompetisi global.

Perspektif literasi Indonesia masih sedang dikarenakan kemampuan akses informasi terkait TIK yang rendah, kurangnya ketersediaan dan akses terhadap informasi yang berkualitas, serta ketidakmampuan untuk mendapatkan informasi yang relevan.

"Maka dari itu solusinya adalah peningkatan akses informasi, penguatan infrastruktur informasi dan penguatan konteks informasi bagi individu. Dengan begitu menghasilkan keadilan informasi dan peningkatan literasi sehingga berdampak pada kesejahteraan," ucap Syarif Bando.

Rakornas ini diisi oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim, Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini.

Selain itu, ada juga Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani, Menteri PPN/Bappenas Suharso Monoarfa, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo, Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda, Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo, dan Bupati Magetan Suprawoto.