Aturan Terbaru Jaga Jarak di Sekolah Amerika

MUS • Sunday, 21 Mar 2021 - 20:59 WIB

Prof Tjandra Yoga Aditama

Guru Besar Paru FKUI/ Direktur Pasca Sarjana Universitas YARSI/ Mantan Direktur Penuyakit Menular WHO Asia Tenggara dan Mantan Dirjen P2P & Ka Balitbangkes

Sehubungan dengan pembicaraan tentang pembukaan sekolah di Indonesia, maka bersama ini disampaikan panduan dari “Center of Disease Control (CDC)” Amerika Serikat yang baru saja mereka perbarui pada 19 Maret 2021.

Mereka memperbarui aturan ini berdasarkan perkembangan bukti ilmiah terbaru tentang berapa jarak penularan yang mungkin terjadi pada berbagai keadaan.

Panduan yang baru ini menyebutkan tentang jaga jarak di sekolah sbb:

1. Pada Sekolah Dasar, setidaknya 3 feet, sekitar 1 meter

2. Pada SMP dan SMA, murid harus jaga jarak setidaknya 3 feet, sekitar 1 meter, pada area yang mereka sebut sebagai penularan masyarakat rendah, sedang dan cukup. Pada area dengan penularan masyarakat yang tinggi maka jarak antar murid sebaiknya 6 feet atau 1.8 meter.

3. Jarak 6 feet atau 1,8 meter harus tetap dijaga antara orang dewasa (guru dan staf sekolah), atau antara orang dewasa dan murid di sekolah. Kalau masker tidak digunakan (misalnya ketika makan), pada keadaan dimana orang banyak mengeluarkan napas (seperti menyanyi, berteriak, olahraga dll), sebaiknya kegiatan seperti ini dilakukan di ruang terbuka saja.

Juga dianjurkan agar barang-barang tidak penting dikeluarkan dari kelas dan dilakukan modifikasi di kelas untuk menjamin jaga jarak antar murid. Tentu juga harus dihilangkan atau dikurangi interaksi yang tidak terlalu penting, seperti makan pada saat yang sama dll.

Tamu yang datang ke sekolah juga harus dibatasi, yang amat perlu saja. Karena di Amerika Serikat ada bis sekolah, maka juga dibuat aturan di dalam bis seperti jarak antar kursi yang boleh diduduki, penggunaan masker, jendela bis dibuka dll. Juga barangkali perlu diatur jam giliran sekolah supaya tidak terlalu penuh murid di sekolah pada suatu waktu tertentu.

Selain aturan jaga jarak ini maka tentu ada juga berbagai aturan rinci lain tentang penggunaan masker, cuci tangan, kebersihan bangku, kelas dan sekolah, kemungkinan tes dan penelusuran kasus bila diperlukan.

Jelasnya, kalau memang sekolah akan dibuka maka persiapan amat matang memang perlu dilakukan, dan perlu kebijakan berdasar perkembangan ilmu pengetahuan terkini. (Jak)