Sri Sultan Ajak Lansia Tingkatkan Imunitas Lewat Vaksinasi

MUS • Saturday, 13 Mar 2021 - 20:02 WIB

Yogya - Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X bersama istri, GKR Hemas, menjalani vaksinasi Covid-19 di Ruang Medical Check Up, Gedung IGD RSUP dr. Sardjito, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (13/03).

Turut hadir mendampingi Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X, Kepala Dinas Kesehatan DIY, Pembajoen Setyaningastutie, dan Direktur RSUP dr. Sardjito, dr. Rukmono Siswihanto.
Ditinjau dari usia, Sri Sultan dan GKR Hemas masuk dalam kategori lansia, yang merupakan sasaran prioritas vaksin Covid-19 tahapan kedua. 

Sri Sultan dan GKR Hemas diberikan suntikan vaksin Covid-19 Sinovac yang prosesnya berlangsung kurang dari lima menit. Usai dilakukan vaksinasi, tidak ada Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) pada kesehatan Ngarsa Dalem maupun GKR Hemas.

Sri Sultan lantas menyampaikan imbauan kepada seluruh masyarakat khususnya lansia, agar tidak takut divaksin. “Saya berharap bahwa lansia di Indonesia, khususnya di Yogyakarta, mari kita sambut harapan pemerintah kita. Semoga kita juga bisa menjaga dari pandemi dan kita juga bersedia melakukan vaksinasi. Tidak sakit. Saya berharap Bapak Ibu semuanya yang divaksin, yang lansia ini, tetap dalam keadaan sehat. Mari kita sama-sama menjaga kesehatan kita,” tutur Sri Sultan.

Sri Sultan menambahkan harapan agar kesempatan pemerintah memberikan vaksin Covid-19 kepada masyarakat dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. 

“Dengan harapan, kita sama-sama menjaga kesehatan, sehingga pandemi ini lebih cepat berakhir, khususnya di Yogyakarta. Nggak usah takut, nggak usah punya kekhawatiran, lakukan saja. Imunitas akan menyertai Bapak Ibu semuanya,” tambah Ngarsa Dalem. 

Demikian halnya dengan yang diutarakan GKR Hemas. “Jadi saya dan Ngarsa Dalem hari ini sudah divaksin. Kami mengajak kaum lansia dan juga khususnya seluruh masyarakat Yogyakarta untuk divaksin, menghindari kemungkinan-kemungkinan yang terjadi pada kita semua. Semoga kita semua di Jogja selalu dalam keadaan aman,” urai GKR Hemas. (Ron)