Rayakan Hari Nyepi, Bandara Ngurah Rai Tutup 24 Jam Dimulai 14 Maret

VIR • Friday, 12 Mar 2021 - 10:53 WIB

JAKARTA - Hari Raya Nyepi jatuh pada 14 Maret 2021. Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali akan menghentikan sementara operasional bandara selama perayaan Nyepi.

Penutupan selama 24 jam dimulai 14 Maret 2021 pukul 06.00 WITA hingga 15 Maret 2021 pukul 06.00 WITA. Hal itu dituturkan General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Ngurah Rai Bali, Herry AY Sikado.

"Dalam menghormati tradisi keagamaan Hari Suci Nyepi di Bali kami melakukan pemberhentian operasional Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai - Bali sementara, sehingga umat Hindu yang melaksanakan ibadah nyepi dapat lebih khusyuk," ujar Herry Jumat (12/3/2021).

Pemberhentian operasional ini telah dikoordinasikan dengan seluruh pihak terkait di bandara agar tak melayani penerbangan domestik maupun internasional. Pemberhentian tersebut berdasarkan Notice To Airment (NOTAM) yang diterbitkan Airnav Indonesia Nomor 0357/21 NOTAMN yang berisi tentang operasional bandara tutup karena Hari Nyepi

"Para maskapai telah menyesuaikan jadwal masing-masing serta sejumlah personil tetap dilakukan monitoring keamanan di area bandara termasuk pesawat yang sementara parkir," katanya.

Ada 84 jadwal penerbangan baik keberangkatan maupun kedatangan yang ditunda dalam rentang waktu penutupan bandara untuk perayaan Nyepi tahun ini.

Rekap pesawat udara yang mendukung kegiatan Nyepi melalui pemberhentian sementara sebanyak 43 penerbangan berangkat dan 41 penerbangan datang. Jika ditotal sebanyak 84 pesawat selama rentang waktu Hari Nyepi”.

Kendati operasional bandara berhenti sementara, namun tetap siaga untuk keperluan darurat dan evakuasi medis. (AZN)