Vaksin AstraZeneca Tiba di Indonesia, BPOM Terbitkan Izin Penggunaan Darurat  

MUS • Wednesday, 10 Mar 2021 - 11:26 WIB

Jakarta – Vaksin AstraZeneca asal Inggris, telah tiba di Indonesia pada Senin (8/3/2021) via Bandara Soekarno-Hatta Tangerang. Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Dr. Lucia Rizka Andalusia memastikan, vaksin AstraZeneca telah mendapat Izin Penggunaan Darurat dari BPOM.

“Syarat dari WHO, sebelum vaksin bisa dikirimkan, suatu negara sudah harus siap menggunakannya, dalam hal ini mengeluarkan Izin Penggunaan Darurat dan juga mempunyai sistem distribusi vaksin yang memadai. Untuk tanggal pengeluaran izinnya ada di tanggal 22 Februari 2021,” ujar Lucia dalam program Trijaya Hot Topic pagi edisi Rabu, (10/03/2021).

Lucia menambahkan, efikasi vaksin AstraZeneca berada di angka 62,1 persen dengan menggunakan standar dosis dari WHO, yaitu 2 dosis.

“Efikasi vaksin ini dalam uji klinisnya, ada beberapa hasil yang dihitung dari beberapa paduan dosis. Tetapi kita (BPOM) memberikan persetujuan berdasarkan hasil efikasi yang menggunakan 2 dosis (standard),” tutup Lucia. (Kuh)