UMB Sosialisasi Media Interaktif Berbasis Online Bagi Guru

ANP • Monday, 8 Mar 2021 - 21:09 WIB
Foto: Dokumentasi Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat UMB

JAKARTA - Universitas Mercu Buana (UMB) yang merupakan penyelenggara pendidikan perguruan tinggi, tempat dimana setiap dosen dan tenaga pengajarnya melakukan kegiatan Tri Dharma telah memfasilitasi dengan menyediakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang telah diselenggarakan pada Sabtu (5/12/2020).

Para dosen dari Universitas Mercu Buana Fakultas Ilmu Komputer program studi Sistem Informasi, memberikan “Sosialisasi Media Interaktif Dan Sarana Berbasis Online dalam Menghadapi Era New Normal” sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat Universitas Mercu Buana.

Sosialisasi ini disambut positif oleh para Guru SMP Negeri 206 Jakarta Barat, SMP Negeri 142 Jakarta, SMP Negeri 105, Jakarta, dan SMP YMIK Jakarta yang mana jumlah peserta yang hadir berjumlah 28 Peserta. Hal ini tentunya memiliki dampak positif terhadap guru karena tidak hanya mempermudah dalam melakukan pemanfaatan teknologi tetapi juga sebagai berbagi ilmu untuk sesama profesi di bidang pendidikan.

Pada perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah memberikan pengaruh terhadap dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran, para guru dituntut untuk menguasai ICT agar dapat mengembangkan dan memanfaatkan ICT sebagai media pembelajaran. Tujuannya adalah untuk memberikan kemudahan dan kesempatan yang lebih luas kepada siswa dalam belajar agar mampu menguasai modernitas atau kemajuan zaman untuk meningkatkan daya saing di tingkat global dalam menghadapi New Normal yang dihadapi saat ini.

Perwakilan program studi jurusan sistem informasi UMB, Indra Ranggadara, S.Kom, MT., MMSI menjelaskan dengan teknologi terus berkembang, perlu mempersiapkan kemungkinan yang ada mengenai teknologi yang mudah untuk digunakan.

"Hal ini menjadi acuan kepada para pengajar khususnya guru untuk memanfaatkan media tersebut dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang efektif untuk diberikan kepada para siswa pada media online saat ini," tegas Indra Ranggadara.

Menurutnya, dalam sosialisasi ini terbagi dua kegiatan utama yaitu, sosialisasi pemanfaatan aplikasi Quizizz & Google Form dan Sosialisasi pemanfaatan Lark, Screencastify, & One Drive. Seluruh aplikasi yang ditawarkan sebagai media interktif dan sarana berbasis online ini sangat mudah ditemukan saat berselancar di internet dan secara umum mudah digunakan sebagai media pembelajaran.

"Selanjutnya kegiatan ini ditutup dengan memanfaatkan aplikasi Quizizz sebagai bentuk pemahaman dan penggunaan secara langsung dan interaktif untuk diterapkan pada media pembelajaran online," katanya.

Pada kegiatan ini dihadiri oleh para dosen dari Universitas Mercu Buana (UMB) Fakultas Ilmu Komputer Jurusan Sistem Informasi yaitu Indra Ranggadara, S.Kom, MT, MMSI, Ifan Prihandi, S.Kom, M.Kom, Rinto Priambodo, ST, MTI , Suhendra, S.Kom, M.Kom, Nia Rahma Kurnianda, S.Kom, M.Kom, Danny Yudin Djahidin S.Kom, MMSI, Bapak Zico Alamsyah, S.Si, MTI dan beberapa mahasiswa Universitas Mercu Buana jurusan Sistem Informasi. (ANP)