Avator PJB Inovasi Terbaik Indonesia Sepanjang 2020

MUS • Friday, 5 Mar 2021 - 14:04 WIB

Surabaya - PT PJB kembali menorehkan prestasi terbaiknya di bidang inovasi. Kali ini, melalui Avator, yang telah terbukti berkualitas dan memenangkan berbagai penghargaan, Avator dianugrahkan sebagai 1 dari 112 Karya Indonesia Paling Prospektif di Tahun 2020, sebuah ajang prestisius yang diselenggarakan Business Innovation Center (BIC).

Business Innvotion Center adalah lembaga yang didirikan oleh Kementerian Negara Riset dan Teknologi pada 2008.

Pelaksanaan selesi proposal dan inovasi yang tergabung dalam "112 Inovasi Indonesia-2020"  dilaksanakan pada bulan februari 2021 dan dilakukan oleh 17 juri dalam empat kategori proposal, dan setiap proposal dinilai oleh 5 juri. Ini merupakan pemilihan "100+ Inovasi Indonesia" yang dapat dikatakan paling ketat dalam sejarah BIC.   

“Avator menjadi inovasi paling canggih saat ini dan menjadi garda terdepan dalam menegaskan kapabilitas PT PJB dalam bidang pembangkitan dan SDM yang berkualitas serta berdaya saing tinggi. Avator dapat diimplementasikan pada berbagai sector industry yang menggunakan vibration monitor sebgai pernagkat pemantau pada mesin-mesin industrinya” jelas Gong Matua Hasibuan, Direktur Utama PT Pembangkitan Jawa- Bali.

Inovasi ini merupakan hasil dari karyawan PJB yang berasal  dari UPHT (Unit Pemeliharaan Wilayah Timur) yaitu Alfian Budiarmoko, Robbi Auzikni, Apolonius Adhi Hariyatma dan Yongky Permana Ramlan.

Sebelumnya, AVATOR (Automatic Vibration Monitor Calibrator) telah berhasil menyabet penghargaan pada level Asia pada pagelaran Asian Power Awards, sebagai satu-satunya perwakilan PLN pada Millennial BUMN Summit pada tahun 2020 yang dianugerahkan langsung oleh Menteri BUMN, Erick Thohir.

AVATOR  meraih gelar juara 1 pada BUMN MIS di kategori Techonology Breakthrough setelah mengalahkan lebih dari 8000 inovasi dari perusahaan-perusahaan BUMN lainnya dan menjadi satu-satunya perwakilan dari PLN Group.

AVATOR memang digadangkan menjadi karya inovasi yang mumpuni baik di atas kertas maupun di lapangan, terutama di industri pembangkitan listrik. Hal ini dibuktikan melalui keberhasilannya dalam mempercepat pengujian vibrasi monitor sehingga telah membuat inovasi ini dipatenkan.

Selain berhasil menjadi yang terbaik di lingkungan PLN Group pada Lomba Karya Inovasi PLN 2018 di kategori Technical Supporting, inovasi Avator ternyata juga menjadi inovasi pengujian vibrasi monitor yang pertama ada di dunia.

Gong Matua Hasibuan juga menyampaikan, masuknya inovasi AVATOR dalam 112 inovasi terbaik se- Indonesia semakin mempertegas PJB sebagai industry leader di industri pembangkitan yang tidak hanya andal dalam memproduksi listrik namun juga memiliki SDM berdaya inovasi tinggi. Melalui keberhasilan PJB pada BUMN MIS 2020 juga mencerminkan semangat yang sedang diusung oleh Kementerian BUMN terhadap talenta-talenta muda dalam berkarya serta siap dalam menghadapi masa depan.

"Keberhasilan ini sekaligus mengukuhkan PJB sebagai leader di bidang industri pembangkit. Sekaligus menjadi tempat pengembangan talenta-talenta muda dalam mengembangkan inovasinya untuk masa depan Indonesia," pungkas Gong Matua Hasibuan yang juga pejabat baru di PJB Jawa - Bali. (Her)