Ditunjuk Komisaris PT KAI: Kiai Said Tetap akan Kritis pada Pemerintah

MUS • Thursday, 4 Mar 2021 - 14:48 WIB

Jakarta - Menteri BUMN, Erick Thohir, mengangkat Ketua Umum PBNU, Said Aqil Siradj sebagai Komisaris Utama PT Kereta Api Indonesia, menggantikan posisi Jusman Syafii Djamal.

Menanggapi kepercayaan ini, juru bicara pribadi Said Aqil, Muchamad Nabil Haroen, menegaskan Said Aqil bukan tipikal orang yang mencari jabatan. “Beliau sudah punya kegiatan yang publik ketahui, mengurus pesantren, NU dan merawat ummat. Kiprah Kiai Said tidak lagi diragukan, gagasan dan pemikirannya juga ditunggu publik,” kata Nabil yang juga Ketua Umum Pimpinan Pusat Pagar Nusa Nahdlatul Ulama.

Meski banyak yang meragukan kemampuan Said Aqil menjalankan tugas barunya, Nabil menyebut Kiai Said sebagai manajer handal. “Selama puluhan tahun, Kiai Said mengabdi di NU dan pesantren. Beliau telah menjadi Ketua Umum PBNU selama dua periode, yang banyak membawa kemajuan dalam hal tata kelola dan manajerial. Kiai Said juga mengkader banyak sekali professional, intelektual muda, politisi muda, baik di internal Nahdlatul Ulama maupun kaum muslim Indonesia secara luas,” paparnya.

Selain itu, Kiai Said juga pernah menjadi komisaris di beberapa perusahaan. Sehingga posisi Komisaris di PT KAI bukan hal baru baginya.

“Kiai Said sangat paham tata kelola perusahaan, sekaligus beliu tipikal manusia pembelajar. Jadi, tidak ada yang perlu dikhawatirkan dalam hal kapabilitas. Kiai Said juga berkomitmen menggerakkan ekonomi rakyat kecil. Bahwa, beliau akan berpihak dan memperjuangkan aspirasi rakyat untuk ekonomi kewargaan, melalui PT KAI,” ujar Nabil.

Ia juga memastikan penunjukan Kiai Said sebagai Komisaris Utama PT KAI, tidak mengubah sikapnya kepada pemerintah. “Kiai Said tetap akan kritis, terutama atas hal-hal yang dianggap menyimpang dari kemaslahatan publik,” tegas Nabil.

Bahkan Said Aqil sudah berkomitmen, akan menyedekahkan gajinya sebagai Komisaris PT KAI. Hal ini selaras dengan kebiasaan Said mengampanyekan filantropi, di antaranya melalui NUCare-Lazisnu. (Mus)