Ziarah ke Makam Proklamator, Khofifah Singgung Perpres Pengembangan Wisata Kompleks Makam Soekarno

MUS • Thursday, 4 Mar 2021 - 09:50 WIB

Blitar - Usai menghadiri sertijab Bupati-Wakil Bupati Blitar serta Walikota-Wakil Walikota Blitar, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa secara khusus berziarah ke  Makam Presiden Pertama sekaligus Proklamator RI, Ir. Soekarno, di Kelurahan Bendogerit, Kota Blitar. Menurut Khofifah, ziarah ini sengaja dilakukan untuk membangkitkan spirit nasionalisme, sekaligus memberikan penghormatan atas jasa para pendiri bangsa. 

"Ziarah ini dilakukan sebagai upaya mengingatkan generasi sekarang agar bisa ingat dan memberikan penghormatan kepada pendiri bangsa," ujar nenek satu cucu ini.

Khofifah juga menyampaikan, hadirnya Makam Proklamator Kemerdekaan RI Bung Karno diharapkan bisa menjadi Kawah Candradimuka-nya bagi pemimpin-pemimpin di negeri ini. Apalagi Makam Bung Karno memiliki gravitasi secara ideologi, sosial, ekonomi, bahkan secara geopolitik yang luar biasa yang dimiliki Kota Blitar.

"Jadi keberadaan makam Bung Karno ini harus bisa menjadi kawah candradimuka pemimpin di negeri ini. Karena, lewat perjuangan para pendiri bangsa inilah kita bisa merasakan kemerdekaan seperti sekarang ini," ungkap Khofifah.

Sehingga kegiatan ziarah ini, menurut Khofifah, tak hanya membangkitkan spirit nasionalisme. Tetapi juga sebagai bentuk penghormatan dan membangun komunikasi secara rohani dengan pendiri bangsa.

“Sebagai sebuah bangsa, kita harus menyadari bahwa bangsa ini merdeka dengan  pengorbanan dan  perjuangan yang luar biasa . Sangat banyak masyarakat di negeri ini, tapi tetap membutuhkan strong power leader yang mengomunikasikan, membangun semangat, menyatukan dan itu dari Bung Karno, Bung Hatta, dan pahlawan lainnya," ungkap Khofifah.

Melihat sejarahnya, lanjut Khofifah, maka pengembangan wisata Kompleks Makam Bung Karno juga telah dimasukkan ke dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) dari Perpres No. 80 Tahun 2019 di Kota Blitar.

“Oleh sebab itu kalau bisa disiapkan pengembangannya, saya rasa gravitasinya akan lebih kuat lagi. Apalagi di Perpres No. 80 Tahun 2019 ada penguatan untuk Makam Bung Karno di Blitar ini,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, Kota Blitar menjadi salah satu daerah yang masuk dalam pengembangan Kawasan Selingkar Wilis dan Lintas Selatan pada Perpres No. 80 Tahun 2019. Dalam pengembangan Selingkar Wilis dan Lintas Selatan terdapat total 44 proyek dengan nilai investasi sebesar Rp. 41.845,76 Milyar. Termasuk salah satunya yaitu, pengembangan Wisata Makam Bung Karno. (Her)