Sri Sultan Dorong Bupati dan Wabup yang Baru Dilantik, Segera Belanjakan APBD dan Danais 2021  

MUS • Friday, 26 Feb 2021 - 21:18 WIB

Yogya - Gubernur DIY, Sri Sultan HB X melantik secara resmi Kustini Sri Purnomo dan Danang Maharsa sebagai Bupati dan Wakil Bupati Sleman hasil Pilkada serentak tahun 2020 di Bangsal Kepatihan Kantor Gubernur DIY, Jumat (26/2).

Gubernur DIY, Sri Sultan HB X menyampaikan pelantikan tersebut dilaksanakan secara serentak bagi tiga pimpinan daerah, yaitu Bupati dan Wakil Bupati Sleman, Bantul dan Gunung Kidul dengan penerapan protokol kesehatan.

Sri Sultan HB X mendorong Bupati dan Wakil Bupati yang telah dilantik untuk segera membelanjakan APBD dan Danais tahun anggaran 2021 agar ekonomi masyarakat mulai pulih, mengingat adanya pandemi Covid-19.

Sri Sultan HB X menyebut, langkah pemulihan ekonomi masyarakat dapat dilakukan melalui kebijakan pemberdayaan UMKM dan penyusunan daftar prioritas investasi daerah dengan cara-cara extra ordinary dalam situasi darurat Covid-19.

Sementara untuk kembali memperkuat hubungan sosial usai pelaksanaan pesta demokrasi (Pilkada 2020), Sri Sultan HB X berpesan kepada pimpinan daerah yang dilantik untuk menjadikan Forkopimda ikatan collective leadership yang berkualitas negarawan.

“Buka dialog personal dengan kandidat lain, untuk mengadopsi dan mengadaptasi program-programnya yang bermanfaat bagi rakyat. Penggunaan symbol –simbol budaya dan pendayagunaan simpul-simpul komunikasi secara kreatif perlu lebih dikembangkan,” ujar Sri Sultan HB X.

Sri Sultan HB X menilai setiap Kabupaten memiliki kekayaan alam dan potensinya masing-masing, begitu juga kabupaten Sleman yang memiliki sejumlah potensi baik wisata maupun sektor lainnya. Menurutnya, Bupati dan Wakil Bupati perlu cerdik untuk mengatur skala prioritas dalam program-programnya.

Sementara itu Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo usai dilantik oleh Gubernur DIY, menyampaikan bahwa Ia bersama Wakil Bupati Danang Maharsa siap melaksanakan program yang memprioritaskan kepentingan masyarakat, terlebih dengan pandemi Covid-19 yang masih ada.

Kustini menyebut, terpilihnya Ia sebagai Bupati Sleman merupakan kemenangan masyarakat Sleman dan akan mengabdikan dirinya untuk melayani masyarakat Sleman.

Di kesempatan yang sama, dilaksanakan juga pelantikan bagi Ketua Pengurus Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) masing-masing Kabupaten. Pelantikan dilakukan secara langsung oleh Gusti Kanjeng Ratu Hemas yang ditandai penandatanganan Surat Keputusan. (Ron)