STQH Ke XXVI Tingkat Kota Kendari Resmi Dimulai

MUS • Thursday, 25 Feb 2021 - 13:52 WIB

Kendari - Seleksi Tilawatil Qur'an dan Hadis (STQH) ke XXVI tingkat Kota Kendari, dengan tema: "Semangat STQH Mari Kita Bumikan Al-Qur'an Menuju Kendari Kota Bertaqwa" resmi dibuka Walikota Kendari H.Sulkarnain Kadir di Masjid Al Alam Kendari, Kamis (25/2/2021). 

Walikota Kendari H. Sulkarnain Kadir mengatakan, STQH ini merupakan momentumnya untuk kembali mengagungkan Allah SWT dan menjadikan Al Quran sebagai pedoman hidup. 

Menurut Walikota manusia tidak punya daya upaya terhadap kehendak yang telah ditetapkan Allah. Dia mencontohkan pada virus Corona yang sangat kecil sekalipun bisa memporak-porandakan dunia saat ini. 

"Ini menjadi momentum mematrikan semangat, keyakinan kita pada maha besar Allah SWT,  sehingga kita bisa menjalani hari-hari kita selanjutnya dengan penuh kesadaran dan keyakinan pada Allah SWT dan betul-betul menjadikan Al Qur'an sebagai panduan dan pedoman kita menjalani hidup," ungkapnya. 

Walikota menambahkan, pada STQH kali ini pemkot menaikkan honor panitia, hakim dan hadiah bagi para pemenang nantinya agar lebih semangat dalam mengikuti STQH. 

Di tempat yang sama Kepala Kementerian Agama Kota Kendari Zainal Mustamin mengajak para peserta dan panitia untuk mengikuti STQH dengan baik. 

Baik punya akronim yakni B (baca dan pelajari Al-Quran secara baik dan benar, Ajarkan Al-Quran secara luas, Implementasikan isi Al-Quran dengan tepat dan Komitmen untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat dan disiplin. 

"Jangan ada diantara kita yang takabur bahwa kita aman dari wabah karena merasa aman dan takabur itu adalah ketidak aman itu sendiri," ungkapnya. 

Pada Kegiatan STQH ini diikuti sebanyak 200 peserta perwakilan dari 11 kecamatan se-Kota Kendari. 

Sementara itu ketua panitia STQH XXVI Agus Salim Safrullah menjelaskan, STQH ini akan berlangsung hingga tanggal 27 Februari dengan mempertandingkan 4 cabang lomba yaitu tilawah, hafalan (hifzil), tafsir Al-Qur'an dan hafalan hadis. Dan 10 golongan lomba. 

"Lomba akan digelar di tiga tempat yaitu, aula Kemenag, MTSN 1 Kendari dan MAN 1 Kendari," jelasnya. 

Para pemenang dalam STQH ini nantinya akan mewakili Kota Kendari dalam STQH tingkat Sultra bulan April mendatang. 

Hadir juga dalam pembukaan STQH Wakil Wali Kota Kendari, Ketua DPRD, Komandan Kodim, mewakili Kapolres, Sekda, para Kepala OPD, camat dan lurah serta panitia. (Heng)