Kemenag: Hubungan Indonesia-Arab Saudi Harmonis

MUS • Tuesday, 23 Feb 2021 - 20:29 WIB

Jakarta - Direktur Penerangan Agama Islam Kementerian Agama (Kemenag), Juraidi menyatakan, hubungan bilateral antara Pemerintah Republik Indonesia dengan Kerajaan Arab Saudi berlangsung harmonis. 

"Hubungan kita harmonis. Arab Saudi sangat menghargai Indonesia. Begitu pula sebaliknya," kata Juraidi saat ditemui di ruang kerjanya, Kantor Kementerian Agama, Jalan MH. Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (23/2/21).

Juraidi menjelaskan, salah satu bukti harmonisnya hubungan kedua negara adalah dilangsungkannya Musabaqah Hafalan Al-Qur'an dan Hadits (MHQH) Pangeran Sultan bin Abdul Aziz Alu Su'ud Tingkat Nasional yang ke-13. 

"Kegiatan MHQH ini merupakan bukti bahwa hubungan kita harmonis," tambah Juraidi.

Pada Senin (22/2/21), Atase Agama Kedutaan Besar Arab Saudi, Syeikh Ahmed bin Essa Al-Hazmi, menyatakan bahwa Indonesia dan Arab Saudi memiliki ikatan sejarah dan akidah yang kuat.

"Musabaqah Hafalan Al-Qur'an dan Hadits Pangeran Sultan bin Abdul Aziz Alu Su'ud tahun 2021 ini hanya ada di Indonesia, tidak ada di negara lain. Karena Indonesia punya tempat strategis bagi Arab Saudi. Kedua negara punya ikatan kuat baik ikatan aqidah maupun sejarah," ungkap Syeikh Ahmed bin Essa Al-Hazmi di kantornya, Jalan Banyumas, Menteng, Jakarta.

Untuk diketahui, MHQH Pangeran Sultan bin Abdul Aziz Alu Su'ud Tingkat Nasional tahun 2021 rencananya akan digelar di Jakarta pada 22-25 Maret 2021 dengan komitmen penerapan protokol kesehatan secara ketat demi mencegah penularan Covid-19. (Jak)