Perjalanan KA Jarak Jauh dari Jakarta Dibatalkan, KAI Pastikan Refund Tiket 100%

MUS • Monday, 22 Feb 2021 - 11:45 WIB

Jakarta - Cuaca ekstrem yang terjadi di sejumlah kota di Indonesia beberapa hari belakangan, menghambat perjalanan sejumlah kereta api, terutama pada rute jarak jauh. Kepala Humas daerah operasional 1 PT. Kereta Api Indonesia, Eva Chairunisa mengatakan, banjir merendam rel KM 53–55 antara Lemahabang-Kedunggedeh.

"Akibatnya banjir menggerus beberapa titik fondasi rel dan menyebabkan perjalanan terhambat,” kata Eva dalam program Trijaya Hot Topic pagi edisi Senin (22/02/2021).

Eva memastikan pihak KAI sedang melakukan perbaikan pada bagian rel yang tergerus air. “Demi keselamatan dan keamanan perjalanan maka pada hari ini Senin 22 Februari rute jarak jauh dari pemberangkatan Gambir maupun Pasar Senen tidak ada yang beroperasi hingga proses perbaikan selesai,” ungkapnya.

Sedangkan untuk kereta api lokal yang terdampak adalah rute Cikarang-Purwakarta yang juga ikut dibatalkan. Eva berjanji, penumpang yang terkena dampak bisa mendapat refund atau pengembalian biaya tiket sebesar 100 persen. Pengurusan refund bisa dilakukan hingga 30 hari ke depan. (Kuh)