Perebutkan Piala dan Uang Pembinaan Pangdam XIV/Hsn, Pecinta Ikan Koi Ikut Lomba

MUS • Sunday, 21 Feb 2021 - 11:47 WIB

Kendari – Tidak saja mengenalkan hasil budi daya, para pencinta ikan Koi Sultra menyertakan 449 ekor Ikan Koi dari berbagai jenis dalam rangka memperebutkan Piala Pangdam XIV/Hsn Mayjen TNI Andi Sumangerukka dengan hadiah total  berupa uang pembinaan sebesar Rp. 30 jt. 

Hal ini dikatakan oleh Kapenren 143/HO Mayor Arm Sumarsono dalam rilisnya, Kendari, Sultra, Sabtu (20/2/21).

Diungkapkan Kapenrem, kegiatan Festival Ikan Koi yang memperebutkan Piala Pangdam XIV/Hsn tersebut diselenggarakan selama 2 hari.

"Kegiatan dibuka pada hari Kamis (18/2/2021), bersama dengan pertandingan tenis lapangan. Namun untuk festival ikan Koi baru dimulai hari Sabtu ini," ujar Mayor Arm Sumarsono.

Terkait peserta festival Ikan Koi ini, lanjut Sumarsono, mereka tidak saja dari Sultra tapi juga dari Makassar.

“Tidak diduga, ternyata animo dari para pecinta atau pembudidaya ikan Koi sangat luar biasa. Sekitar 449 ekor ikan dari berbagi jenis ikan Koi akan memperebutkan hadiah total sekitar Rp.30 juta"terangnya.

Lebih lanjut Sumarsono katakan bahwa selain mengenalkan mengenalkan hasil budi daya ikan Koi, dalam festival ini juga diharapkan dapat mendorong komunitas serupa untuk mengembangkan hasil budi daya ikan di Sultra 

"Sultra terkenal dengan hasil laut yang tumpah ruah, tentu banyak juga ikan yang dapat dibudidayakan atau dikenalkan ke berbagai wilayah ataupun luar negeri. Misalnya mungkin Ikan Napoleon,"ujar Kapenrem.

"Tapi memang Ikan Napoleon saat ini termasuk yang dilindungi dan menjadi hewan langka,"imbuhnya.

Untuk diketahui ikan napoleon yang biasa disebut dengan Napoleon Wrasse, atau Humphead Wrasse (Cheilinus undulatus) merupakan ikan karang berukuran besar dari familia Labridae. 

Ikan dengan ukuran yang besar ini memiliki nilai jual yang bisa mencapai jutaan rupiah ini juga menarik bagi para wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.

Sementara itu,  Ketua Panitia Pangdam XIV/Hsn Festival Koi 2021, Mayor Inf Muhammad Amin (Danyonif 725/Wrg) mengatakan bahwa dalam ajang kali ini terbagi dalam 3 kelas.

“Kelas Gosengka A ( Hohaku, Taisho Sanshoko dan Showa Sanshoko.), Melati B (Shiro utsuri, Koromo/Goshiki, Kin Gin Rin, Kawarimono dan Doitsu) dan Anggrek C (Hi/Ki Utsuri/Bekko, Shusui/Asagi, Hikari mono dan Tancho),” kata Mayor Inf Amin.

"Bagi kami, dari katagori ini pun masih awam apalagi nama-namanya. oleh karena itu, untuk menilai atau penjurian kami libatkan dari komunitas pecinta ikan Koi yang ahli dibidangnya ,"tambah lulusan Akmil tahun 2003 ini sembari tersenyum.

Seperti halnya disampaikan Sumarsono, Amin pun tegaskan bahwa gelaran festival di GOR Pemuda Kota Kendari ini juga untuk mengenalkan dan merangsang para pecinta atau komunitas ikan.

“Tujuan dari Bapak Pangdam (Mayjen TNI Andi Sumanggerukka) selain untuk mengenalkan Ikan Koi juga merangsang budi daya ikan di Sultra sekaligus untuk mendorong peningkatan ekonomi masyarakat dari aspek wisata maupun budi daya ikan," tandasnya.

Amin menyampaikan bahwa untuk final dan pemberian hadiah berupa Piala Pangdam XIV/Hsn dan hadiah uang pembinaan dilaksanakan pada hari Minggu (21/2/2021).

“Sampai saat ini, proses penilaian masih berlangsung, kami hadirkan juri-juri yang sudah berpengalaman, Insha Allah semua akan berjalan sportif dan final serta pemberian piala serta hadiah akan dilaksanakan besok (hari ini-red),” pungkas Danyonif 725/Wrg itu. (HenQ)