Tinjau Dapur Umum PMI Jakarta Timur Untuk Korban Banjir, Sudirman Said Minta Relawan Prioritaskan Prokes

MUS • Saturday, 20 Feb 2021 - 18:25 WIB

Jakarta - Sekretaris Jenderal Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat, Sudirman Said meninjau dapur umum PMI untuk korban banjir di Jakarta Timur, Sabtu 20 Februari 2021. Kehadiran mantan menteri ESDM tersebut guna memastikan penanganan bantuan korban banjir tertangani dengan baik. 

Dalam kunjungannya tersebut, Surdiman didampingi ketua komite percepatan penanganan Covid-19 PMI Pusat, Husain Abdullah dan sejumlah pengurus PMI Jakarta Timur. Terlihat ia beserta rombongan juga turut serta membantu para relawan menyiapkan makanan berupa nasi dan ayam goreng untuk pengungsi korban banjir.

Menurut Sudirman PMI telah menyiapkan sejumlah dapur umum dan pengungsian pada beberapa kelurahan yang tertimpa banjir di wilayah DKI Jakarta meliputi Jakarta Timur, Jakarta Barat, dan Jakarta Selatan. Sudirman juga berpesan kepada relawan PMI yang bertugas agar tetap mengutamakan protokol kesehatan terkait covid-19 meskipun tidak mudah dilakukan. 

“Untuk saat ini kita telah menyiapkan sejumlah titik untuk dapur umum pada beberapa kelurahan yang terkena banjir khususnya yang berada di wilayah Jakarta timur, selatan dan Barat. Penanganan banjir ini sendiri tidak mudah karena berada di tengah suasana pandemi covid-19, namun saya berharap agar teman teman relawan tetap memprioritas protokol kesehatan terkait covid-19, meskipun itu tidak mudah," tegas Sudirman.

Sudirman juga berpesan untuk daerah lainnya di Indonesia agar tetap waspada, mengingat menuju bulan maret hingga april akan terjadi cuaca ekstreem yang bisa saja mengakibatkan bencana banjir meskipun wilayah tersebut tidak pernah terkena banjir sebelumnya. Untuk itu Sudirman meminta relawan PMI pada sejumlah daerah untuk tetap siap siaga.

“Kita telah diberi peringatan dari BMKG bahawa menuju maret hingga april ini akan terjadi cuaca ekstrem, di mana banyak wilayah yang sebelumnya tidak pernah terkena banjir kemungkinan akan banjir.  Untuk itu para relawan untuk selalu siap siaga, demi dapat memberikan pelayanan yang cepat kepada warga korban musibah,” jelas Sudirman. 

Dapur PMI Jakarta Timur menyediakan  11.290 nasi kotak dan 18.500 roti. Kemasan logistik untuk korban banjir Jakarta timur tersebut terbuat dari bahan ramah lingkungan. selain menyiapkan dapur umum , pmi juga melakukan evakuasi terhadap korban banjir dan melakukan pelayanan kesehatan kepada warga yg terdampak banjir.