Banjir Jabodetabek, Human Initiative Evakuasi Lansia dan Orang Sakit

MUS • Saturday, 20 Feb 2021 - 18:15 WIB

Jakarta - Human Initiative ikut serta menurunkan Emergency Response Team untuk membantu evakuasi warga terdampak banjir di Jakarta dan sekitarnya. Aksi evakuasi yang dilakukan sejak pukul 04.30 WIB ini dapat menyelamatkan sejumlah warga di Perumahan Cahaya Permai RW. 04 Jati Asih Bekasi, pada Sabtu 20 Februari 2021.

Warga yang berhasil dievakuasi terdiri dari para lansia, balita, dan orang sakit. Dalam proses evakuasi ini juga terdapat seorang wanita lansia yang sedang sakit. Nenek yang baru saja menjalani operasi kanker ini terpaksa harus dievakuasi dengan menggunakan kursi menuju ke perahu karet yang sudah disiapkan untuk evakuasi. 

Sampai saat ini Tim Rescue Human Initiative masih bertahan dan berupaya melakukan pencarian dan penyelamatan warga yang terjebak di dalam rumah di Perumahan Cahaya Kemang Permai. Bantuan lain yang dibutuhkan untuk warga terdampak di berbagai titik saat ini ialah makanan siap santap, dapur air, dan pembersihan fasilitas umum. 

Sebagai informasi tambahan, dampak banjir di beberapa wilayah juga mengakibatkan pemadaman listrik. Pemadaman listrik ini terjadi sejak sekitar 04.00 WIB. 

Prediksi BMKG yang dikutip dari laman BNPB menyatakan bahwa hujan deras akan masih terjadi dari pagi hingga malam hari. Cuaca esktrim juga masih akan terjadi dalam beberapa waktu ke depan. Oleh karena itu dihimbau kepada warga masyarakat untuk tetap siaga dan bersiap-siap dalam menghadapi banjir. 

Human Initiative mengajak semua pihak untuk bersama-sama meringankan beban mereka yang membutuhkan. Bantuan dan dukungan dapat disampaikan melalui website donasi kami di solusipeduli.org atau bisa menghubungi call center 08119342667 untuk informasi lebih lanjut. (Jak)