Pendaftaran Vaksinasi untuk Lansia Dibuka via Daring 

MUS • Friday, 19 Feb 2021 - 22:12 WIB

Jakarta - Pendaftaran vaksinasi COVID-19 untuk masyarakat lansia sudah dibuka secara daring dengan mendaftarkan diri melalui tautan di laman resmi Kementerian Kesehatan serta Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN).

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi dalam keterangan persnya malam ini, Jumat (19/2/2021), memastikan keamanan data masyarakat yang melakukan pendaftaran.

"Terdapat dua pilihan mekanisme pendaftaran dan pelaksanaan vaksinasi bagi masyarakat lanjut usia, pilihan pertama vaksinasi akan diselenggarakan di fasilitas kesehatan masyarakat, baik itu di Puskesmas dan Rumah Sakit milik pemerintah dan swasta, peserta dapat mendaftar dengan mengunjungi website Kementerian Kesehatan, yaitu www.kemkes.go.id, dan website komite penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional KPCPEN, di covid19.go.id," katanya.

Di kedua website tersebut, akan tersedia link atau tautan yang dapat kemudian diklik oleh sasaran vaksinasi masyarakat lanjut usia, dan di dalamnya akan terdapat sejumlah pertanyaan-pertanyaan yang harus diisi. 

Dalam mengisi data tersebut sasaran vaksinasi masyarakat lanjut usia dapat meminta bantuan anggota keluarga lain atau melalui kepala RT atau RW setempat. 

"Jadi proses vaksinasi ini atau proses pendaftaran melalui website di kemkes.go.id atau website KPCPEN, covid19.co.id, sasaran vaksinasi bisa dibantu oleh keluarga ataupun RT/RW setempat," jelas Nadia.

Saat ini vaksin yang tersedia masih terbatas, yakni sekitar 7 juta dosis. "Vaksinasi ini tentunya akan didistribusikan sesuai dengan proporsi, di mana Jawa-Bali mendapatkan kurang lebih 70% dari proporsi vaksin yang ada sekarang. Selanjutnya dengan keterbatasan vaksin, maka vaksinasi ini akan diutamakan bagi kelompok lansia yang berada diatas 60 tahun, yang ada di seluruh Provinsi DKI Jakarta, dan juga ibu kota 33 provinsi lain," ungkapnya.