Rombak Direksi PT KAI, Erick Thohir Masukkan Tiga Nama Baru

MUS • Thursday, 18 Feb 2021 - 11:19 WIB

Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir baru saja menempatkan tiga nama ke dalam direksi PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI. Meski begitu, hingga saat ini manajemen masih menunggu Surat Keputusan (SK) dari Menteri BUMN.

Ketiga Direksi tersebut adalah Dadan Rusdiansyah sebagai Direktur Niaga, Heru Kuswanto jadi Direktur Operasi, lalu Eko Purwanto sebagai Direktur Pengelolaan Sarana. "Benar, Kami masih tunggu SK resmi dulu, tunggu rilis resmi dari kami ya, mas," ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus, saat dikonfirmasi MNC Portal Indonesia, Kamis (18/2/2021).

Dalam perubahan nomenklatur perseroan, Erick juga memberhentikan Maqin U Norhadi dari Direktur Niaga. Sebelumnya, Maquin juga ditugaskan sebagai Plt Direktur Pengelolaan Sarana. Dadan Rudiansyah sebelumnya senjabat sebagai Sekretaris Perusahaan KAI. Dia juga pernah menjabat sebagai Kepala Daerah Operasi 1 atau Executive Vice President KAI Daop 1 Jakarta.

Heru Kuswanto sendiri pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT Railink, pengelola kereta bandara Soekarno-Hatta dan Kualanamu. Sementara Eko Purwanto sebelumnya sebagai Kepala Daerah Operasi (Daop) VI yang melingkupi Yogyakarta. Wilayah ini melingkupi 32 stasiun dan saat ini ditambah dengan KRL Yogyakarta-Solo.

Sementara itu pada beberapa hari sebelumnya, Erick Thohir baru saja menggelar pertemuan dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Ketiganya membahas moda transportasi massal di Jakarta.