Rumah Makan di Bekasi Tergerus Longsor Karena Banjir

VIR • Tuesday, 16 Feb 2021 - 14:27 WIB

BEKASI - Hujan deras yang mengguyur Bekasi sejak malam membuat tanah longsor terjadi di bantaran Kali Bekasi, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi. Akibatnya, lokasi wisata kuliner yang berada di samping Apartemen Center Point Bekasi tersebut tergerus longsor dan membuat tempat kuliner terdampak.

”Tidak ada korban jiwa, ada enam tempat kuliner terdampak akibat tergerus longsor,” kata Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Bekasi Wiratama Puspita, Selasa (16/2/2021). 

Menurut dia, kejadian tanah longsor tersebut terjadi sekitar Pukul 02.00 WIB saat hujan deras mengguyur wilayah Bekasi dan sekitarnya. Wiratama menjelaskan, salah satu sumber terjadinya longsor karena adanya debit hujan yang tinggi, sehingga membuat turap yang berada di sekitar lokasi bantaran Kali Bekasi menjadi tergerus air dan membuat dinding jalan longsor kebawah sungai.

”Kami perkirakan tanah yang bergeser dari permukaan tanah itu sekitar 45 derajat bagi tingkat kemiringan,” ujarnya.

Saat ini, kata dia, pemerintah tengah melakukan evakuasi di lokasi kejadian, pihaknya menerjunkan sebanyak 25 anggota yang dikerahkan untuk proses penanganan. Atas kejadian ini, Wisata Kuliner ini ditutup sementara agar tidak memakan korban jiwa hingga waktu yang belum ditentukan.

”Ada sebanyak 6 warung yang terdampak rusak dari lokasi itu dan ada 3 pohon yang rubuh,” ungkapnya.  Adapun dari lokasi kejadian longsor, tidak ditemukannya korban yang terkena akan kejadian itu, karna warung dalam keadaan kosong tanpa pemilik. Dan saat ini pihaknya masih kordinasi dengan Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air. (AZN)