Terharu Bersama Nobita dan Shizuka di Stand by Me Doraemon 2 

MUS • Tuesday, 16 Feb 2021 - 07:43 WIB

Genre: Animasi, Komedi
Sutradara: Ryuichi Yagi, Takashi Yamazaki
Pemeran: Yumi Kakazu, Megumi Ohara, Wasabi Mizuta, Satoshi Tsumabuki
Durasi: 1 jam 36 menit
Distributor: CBI Pictures
Mulai tayang di bioskop Indonesia: 19 Februari 2021

Stand by Me Doraemon merupakan salah satu film animasi yang paling ditunggu sejak awal perilisan film perdananya di tahun 2014. Sebagai adaptasi film layar lebar, Stand by Me Doraemon menggambarkan bagaimana Doraemon, si robot kucing biru datang dari masa depan untuk membantu Nobita, yang hidupnya selalu saja bermasalah.

Tidak jauh berbeda dengan situasi di film sebelumnya, Stand by Me Doraemon 2 melanjutkan perjalanan Doraemon dan Nobita menjelajahi waktu. Namun kali ini, cerita dimulai ketika Nobita secara tidak sengaja menemukan boneka beruang pemberian neneknya. Nobita kemudian memutuskan untuk mengunjungi neneknya di masa lalu, di waktu Nobita masih kecil.

Di masa lalu, Nobita dan Doraemon bertemu langsung dengan sang nenek. Setelah nenek Nobita menyadari bahwa cucunya datang dari masa depan, dia memiliki keinginan untuk melihat calon istri Nobita. Seketika Nobita meyakinkan Doraemon untuk pergi ke masa depan dan menemui Nobita dewasa di hari pernikahannya.Namun ternyata Nobita dewasa melarikan diri sesaat sebelum menikah dengan Shizuka.

Bagi penggemar setia Doraemon, film ini bisa dibilang cukup menarik karena mengadaptasi film pendek Doraemon yaitu Doraemon: A Grandmother’s Recollections (2000) dan Doraemon The Day When I Was Born (2002). 

Stand by Me Doraemon 2 memiliki jalan cerita yang sangat mudah untuk diikuti. Dibalut dengan guyonan absurd ala Nobita, dan Doraemon yang selalu hadir disampingnya, film ini seakan mengobati kenangan menonton serial Doraemon di televisi tiap minggu pagi. Namun, untuk memberikan pemahaman yang mendalam terkait sekuel di Stand by Me Doraemon 2, penonton disarankan untuk menonton film sebelumnya. 

Jika dibandingkan dengan film pendahulunya, Stand by Me Doraemon 2 mengangkat tema yang lebih mendalam tentang keluarga dan garis finis kisah cinta Nobita yang sejak kecil mengidamkan Shizuka. Penonton juga akan dimanjakan dengan adegan haru yang lebih padat dibandingkan film sebelumnya.

Jika pada film pertama penonton akan dibuat terisak di penghujung film, pada Stand by Me Doraemon 2 penonton akan disajikan dengan adegan haru mulai dari pertengahan film. Banyak adegan yang mungkin akan membuat penonton merasa terikat secara emosional, karena berhubungan dengan kehidupan keluarga.

Stand by Me Doraemon 2 bisa dikatakan tontonan yang cukup menghibur di sela-sela hiruk pikuk pandemi. Hingga pertengahan film, penonton mungkin akan bertanya-tanya dengan sifat dan tingkah laku Nobita yang bisa dibilang tidak ada sisi baiknya. Namun, ekspektasi penonton akan terjawab dengan lega di penghujung film.

Duet Sutradara Ryuichi Yagi dan Takashi Yamazaki bisa dikatakan cukup baik dalam mengemas kumpulan cerita Doraemon menjadi satu film yang menghibur. Karakter utama yang dikemas secara menarik dan jalancerita yang mudah diterima patut diapreasi untuk merayakan 50 tahun terbitnya Doraemon. (TIO)