Zona 1 Candi Prambanan Sudah Dibuka Kembali untuk Wisatawan

MUS • Wednesday, 10 Feb 2021 - 18:55 WIB

Yogya - Taman Wisata Candi (TWC) Prambanan kembali bergairah. Setelah Pelataran Zona 1 Candi Prambanan ditutup selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dari tanggal 26 Januari hingga 8 Februari 2021, hari ini Rabu (10/2/2021) Zona 1 Candi Prambanan sudah  kembali dibuka bagi wisatawan. 

“Sesuai dengan informasi dari BPCB DIY mulai dibuka kembali pelataran zona 1 candi Prambanan. Namun wisatawan belum bisa naik ke atas candi, karena memang kondisinya juga masih dalam masa pandemi, maka kita semua menjaga agar tidak terjadi penyebaran covid di kawasan ini,” terang Sekretaris Perusahaan PT TWC Emilia Eny Utari saat ditemui di Prambanan.

PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) selaku pengelola destinasi Taman Wisata Candi Prambanan menyambut pembukaan zona 1 Candi Prambanan ini dengan antuasias. 

Pembukaan ini tentunya lebih menarik minat wisatawan yang akan berkunjung ke TWC Prambanan.

“Memang kebanyakan dari wisatawan memang kurang puas. Mereka masih bisa melihat candi dengan jelas, namun tidak bisa berinteraksi secara langsung. Jika zona 1 dibuka, maka pemandu wisata akan bisa menerangkan lebih jelas, tentang relief candi serta posisinya di mana. Ini yang diharapkan jika zona utama bisa dibuka maka keinginan wisatawan ini dapat terpenuhi untuk belajar tentang candi Prambanan ini,” ujar General Manager TWC Prambanan Aryono Hendro Malyanto.

PT TWC menghimbau kepada wisatawan yang berkunjung untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan di kawasan Taman Wisata Candi. Hal ini demi terjaganya kesehatan serta keselamatan semua pihak. 

“Kami berharap para pengunjung yang akan memasuki wilayah prambanan harus tetap menjalankan protokol kesehatan, harus jaga jarak, menggunakan masker dan mengikuti tata tertib yang sudah kami lakukan di kawasan kami, sehingga semua yang akan masuk ke lokasitetap akan terjaga aman dan terbebas dari penyebaran covid,” tutup Emilia. (Ron)