PPKM Mikro Dimulai, Kemendagri Optimis Kasus Covid-19 akan Berkurang

MUS • Tuesday, 9 Feb 2021 - 20:57 WIB

Jakarta – Kota-kota di wilayah Jawa sampai Bali mulai menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro, untuk menurunkan kasus positif covid-19 di masyarakat.

Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri, Syafrizal mengatakan PPKM mikro diawasi langsung oleh RT setempat. Kebijakan ini tidak sekedar membatasi kegiatan, tapi dibarengi dengan gotong royong jika ada salah satu warga yang positif dan membutuhkan makanan atau kebutuhan lainnya. 

Setelah jam 8 malam, warga dihimbau untuk tetap berada di dalam rumah dan tidak pergi kecuali ada urusan penting. 

"Ketua RT harus membuat tim penegakan PPKM untuk menyisir sekiranya ada warga yang melanggar aturan dari kegiatan PPKM ini," kata Syafrizal dalam program Trijaya Hot Topic, Selasa, (9/1/2021)

Ia berharap dengan adanya PPKM mikro, warga yang terjangkit virus corona akan berkurang. Sehingga klaster penyebaran covid-19 dapat ditekan, dan kurva kasusnya segera melandai. 

Pemerintah daerah dihimbau untuk terus menyampaikan pesan disiplin protokol kesehatan 3M, tetap di rumah kecuali ada hal penting, dan tetap pakai masker saat keluar rumah. (Daf)