HPN 2021, Bung Lukman Dorong Pemerintah Guyur Stimulus untuk Industri Media

Faz • Tuesday, 9 Feb 2021 - 18:25 WIB

Jakarta - Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Partai Amanat Nasional, Lukmanul Hakim, mengucapkan selamat Hari Pers Nasional (HPN) 2021, yang diperingati setiap tanggal 9 Februari.

Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta ini menekankan fungsi penting pers terhadap perkembangan demokrasi di Indonesia.

"Oleh karenanya kemerdekaan pers sangat dibutuhkan untuk menciptakan kebebasan mengeluarkan pendapat dan pikiran sesuai hati nurani masing-masing," kata legislator yang akrab disapa bung Lukman ini dalam keterangan tertulisnya, Selasa (9/2/2021).

Lukmanul menambahkan, di masa pandemi peran pers makin krusial untuk menyampaikan informasi akurat dan kredibel tentang covid-19.

"Bisa dibilang pers ini jadi salah satu garda terdepan dalam melawan pandemi, khususnya hoax seputar covid-19 dan mengedukasi pentingnya protokol kesehatan," imbuh bung Lukman.

Sayangnya pandemi juga berimbas pada industri media. Dalam setahun terakhir banyak media bertumbangan, terutama media cetak dan online. Tentu saja kondisi ini diikuti dengan PHK terhadap pekerja pers.

Karena itu Lukmanul mendorong pemerintah dan organisasi media seperti Dewan Pers, untuk merumuskan langkah-langkah penyelamatan industri pers nasional.

"Kalau perlu guyur stimulus untuk industri pers dan pekerjanya," pinta Lukmanul.

Meski di sisi lain, media juga dituntut berbenah agar mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi.

"Karena sekarang zaman sudah canggih. Media gak cuma bersaing dengan rival satu platform, tapi juga kejar-kejaran dengan medsos. Ini PR buat insan pers kita," pungkas bung Lukman.