Menko Airlangga: Ekonomi Indonesia Membaik Karena Konsumsi Meningkat

Vir • Monday, 8 Feb 2021 - 16:50 WIB

JAKARTA - Pemerintah telah membuat strategi agar ekonomi Indonesia bisa pulih tahun ini. Sektor konsumsi dinilai sudah mulai tumbuh sehingga diharapkan bisa mendongkrak perekonomian nasional.

“Ekonomi kita didominasi oleh konsumsi domestik dan sekarang sedang naik, trennya membaik. Seperti pertumbuhan manufaktur balas dendam, sudah naik dan berada pada level ekspansif di 52,2 sedangkan indeks kepercayaan konsumen juga terus membaik," kata Airlangga dalam video virtual, Senin  (8/2/2021).

Menurut dia, perekonomian global diperkirakan pulih pada 2021 dengan pertumbuhan di kisaran 4-5,5 persen. Sejalan dengan pemulihan ekonomi global, perekonomian Indonesia juga diprakirakan pulih pada 2021." Dengan pertumbuhan di kisaran 4,5 -5,5 persen," ujarnya.

Selain itu, permintaan kredit usaha terus meningkat yang mencerminkan pulihnya tingkat kepercayaan masyarakat. Pada saat yang sama realisasi investasi juga meningkat yang mencerminkan persepsi positif investor. Pemerintah juga berkomitmen untuk terus memitigasi Covid-19 dengan memanfaatkan momentum ini untuk mempercepat pemulihan ekonomi dan melakukan reformasi struktural. "Pemerintah telah menyiapkan beberapa tenaga untuk mempercepat pemulihan ekonomi dan reformasi struktural pada tahun 2021," tuturnya. (AZN)