Perihal Gagal Panen Food Estate, Ini Kata Mentan

Vir • Monday, 8 Feb 2021 - 16:20 WIB

JAKARTA - Mentan Syahrul Yasin Limpo meyakini tidak ada gagal panen di kawasan food estate atau lumbung pangan baru, Kalimantan Tengah. Dia menjelaskan, musim panen untuk tanaman padi di kawasan food estate masih terus berlangsung dan baru akan memasuki musim panen raya.

"Bagaimana mau gagal panen? Sementara panen baru mau di mulai," kata Syahrul dalam Rapat Kerja bersama Komisi IV DPR, Senin (8/2/2021).

Lanjutnya, proses pengolahan lahan food estate seluas 30 ribu hektare hingga saat ini masih berlanjut. Meskipunada masalah dari ribuan hektare hamparan sawah yang ada.

"Di mana yang tidak berhasil? Dari 30 ribu hektare, tentu ada saja lah 1, 2, atau 10 hektare yang bersoal karena kita hadapi hama, tikus, hujan," katanya.

Dia menekankan Food estate bukan dikhususkan untuk menanam satu komoditas. Namun, diperuntukkan bagi banyak komoditas pangan, termasuk perikanan dan peternakan sehingga petani mendapatkan nilai tambah dari komoditas yang dibudidayakan.

"Food estate ini memang tidak seperti di Aceh di Jawa kondisinya bapak, di sana itu rawa 1,5 meter dalamnya, 50 centimeter paling sedikit airnya. PH-nya itu kalau dihitung asamnya tinggi banget. Kalau kasih turun traktor roda 4 di sana tenggelam," tandasnya. (AZN)