UMB Gelar Pelatihan Pemanfaatan Google Apps Bagi Para Guru

ANP • Wednesday, 3 Feb 2021 - 14:44 WIB

JAKARTA - Pada tanggal 1 Febuari 2021, Universitas Mercu Buana, Fakultas Ilmu Komputer, Program Studi Sistem Informasi mengadakan kegiatan Program Pengabdian Masyarakat (PPM) bekerja sama dengan Pusat Pengembangan Kompetensi Pendidik Tenaga Kependidikan Dan Kejuruan (P2kptk2). PPM yang dilakukan kali ini ditujukan untuk pelatihan para Guru yang ada di Jakarta Barat dengan tema yang diangkat adalah Pelatihan Pemanfaatan Google Apps untuk Pembelajaran Jarak Jauh. Proses pelatihan ini dilakukan dengan menggunakan media Zoom dengan waktu pelatihan dari jam 08.00 sampai dengan 12.00 WIB. Dengan peserta yang ikut serta kurang lebih sebanyak 95 peserta.

Google Apps merupakan sarana pelatihan yang sangat diperlukan terutama ketika pembelajaran jarak jauh harus dilakukan. Di dalam Google Apps ada beberapa tools yang dapat digunakan seperti Google Drive yang dapat digunakan sebagai media penyimpanan bahan ajar secara cloud, Google Docs sebagai aplikasi yang digunakan untuk membuat document, Google Sheet sebagai aplikasi membuat spreadsheet, Google Slide sebagai aplikasi untuk membuat presentasi dan yang tidak kalah penting adalah Google Meet yang digunakan sebagai sarana tatap muka secara online. Dan yang tidak kalah penting adalah perangkat  Google Apps bisa digunakan secara gratis tanpa membeli license, sehingga secara tidak langsung juga mengajarkan kepada siswa untuk menggunakan perangkat teknologi informai secara resmi dan tidak melanggar hak cipta.

Selama penyelenggaraan berlangsung tanya jawab antara peserta dengan narasumber yaitu Hariesa Budi Prabowo, ST, MM berlangsung interaktif, hal ini tentu tidak terlepas dari peranan moderator yang dilakukan oleh Handy Noviyarto, S.Si, MT, yang dapat memancing peserta untuk bertanya baik yang dilakukan secara langsung ataupun melalui chat yang ada di Zoom ditambah dengan adanya informasi mengenai doorprize membuat peserta semakin aktif untuk berinteraksi. Kegiatan PPM ini dibuka oleh Rektor universitas Mercu Buana, Prof. Dr. Ngadino Surip dan sambutan oleh kepala P2KPTK2 Jakarta Barat, Ibu Dra. Hj. Badariah MPd. Dan acara ini ditutup secara resmi oleh Ketua Program Studi Sistem Informasi Ibu Ratna Mutu Manikam, S.Kom,MT. (ANP)