Jenazah Wismoyo Arismunandar akan Dimakamkan di Giribangun Solo

MUS • Thursday, 28 Jan 2021 - 09:15 WIB

Jakarta- Keluarga besar TNI khususnya angkatan darat sedang berduka. Pasalnya salah satu figur terbaik yaitu mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal (Purn) Wismoyo Arismunandar wafat.

Kabar meninggalnya Jenderal Wismoyo pun dibenarkan Kadispenad Brigjen TNI Nefra Firdaus. "Benar mas," jelas Nefra saat dihubungi.

Sementara Humas Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Purnawirawan Warakawuri TNI-Polri (DPP) Pepabri mengabarkan Wismoyo meninggal di Rumah Sakit Pondok Indah Jakarta Selatan pada Kamis (28/1/2021) pagi.

Informasi yang dihimpun, jenazah Wismoyo bakal diterbangkan ke Solo untuk dikebumikan di Giribangun. Sebelum bertolak ke Solo, mendiang akan disemayamkan di rumah duka di Jalan Gempol 10, Bambu Apus, Jakarta Timur.

Jenderal TNI (Purn.) Wismoyo Arismunandar merupakan lulusan Akmil 1963. Ia pernah menjabat sebagai KSAD pada tahun 1993 sampai 1995 dan Pangkostrad periode 1990 sampai dengan 1993.

Wismoyo dikenal sebagai tokoh militer yang dekat dengan bawahan dan tegas dalam kedisiplinan. Namanya sempat mencuat sebagai kandidat Panglima ABRI tetapi Soeharto lebih memilih Feisal Tanjung dan akhirnya menugaskan Wismoyo sebagai Ketua KONI.

Selain itu, Wismoyo adalah penggerak kekompakan seluruh kepala staf saat itu termasuk Kapolri dalam setiap kebijakan. Bahkan di eranya setiap kepala staf memiliki agenda bergantian mengunjungi kesatuan angkatan lain

Berkat didikan keras dari orangtuanya, cukup banyak anggota keluarga Arismunandar yang sukses di bidangnya masing-masing. Kakak pertamanya, Prof. Dr. Artono Arismunandar adalah mantan Dirjen Listrik dan Energi Baru, Departemen Pertambangan dan Energi, mengajar di FT UI. Seorang kakaknya yang lain, Prof. Ir. Wiranto Arismunandar, mantan Rektor ITB dan juga Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada masa pemerintahan Soeharto.