Kemenhub Uji Coba KRL Yogyakarta-Solo

MUS • Monday, 25 Jan 2021 - 13:59 WIB

Jakarta - Dengan selesainya elektrifikasi jalur kereta api Jogja-Solo oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, saat ini tengah berlangsung uji coba KRL Yogyakarta-Solo sejak 20 Januari 2021. 

“Pada tanggal 20-31 Januari uji coba adalah untuk undangan terbatas. Pada masa uji coba ini PT KAI melalui anak usahanya yaitu KAI Commuter fokus pada faktor keselamatan perjalanan KRL dan menerima masukan dari berbagai pemangku kepentingan terkait KRL Yogyakarta-Solo," kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba.

Anne juga menjelaskan “Uji coba bagi masyarakat umum akan berlangsung pada 1-7 Februari 2021, dimana masyarakat harus mendaftarkan diri terlebih dulu sebelum datang ke stasiun untuk mengikuti perjalanan uji coba KRL.“

Pendaftaran uji coba KRL bagi masyarakat umum akan menggunakan aplikasi KRL Access yang dapat diunduh melalui Playstore pada ponsel Android atau Appstore pada ponsel iOS. Setelah mengunduh, ikuti langkah untuk mengaktifkan akun Anda di KRL Access. 

Melalui mekanisme pendaftaran online dan sistem antrian ini, KAI Commuter memberlakukan kuota peserta uji coba untuk setiap stasiunnya. Hal ini dilakukan untuk mencegah kepadatan di stasiun dan menjaga jarak aman atau physical distancing di stasiun maupun kereta. 

KAI Commuter menghimbau masyarakat hanya datang ke stasiun untuk mengikuti uji coba KRL apabila telah mendapatkan kuota peserta/antrian dari aplikasi KRL Access.   

VP Corporate Secretary KAI Commuter menambahkan, “Selain memiliki jatah kuota / antrian untuk mengikuti perjalanan KRL Uji Coba, calon peserta juga wajib memiliki tiket yang sesuai untuk naik KRL. Masyarakat dapat menggunakan Kartu Multi Trip (KMT) yang dengan mudah didapatkan di seluruh loket stasiun dengan harga Rp 30.000,- sudah termasuk saldo Rp 10.000. Pada masa uji coba, tarif perjalanan yang dikenakan adalah Rp 1 untuk setiap perjalanan.”

“Lewat uji coba ini nantinya, KAI Commuter berharap mendapat masukan seluas-luasnya dari masyarakat untuk terus memaksimalkan layanan KRL Yogyakarta-Solo agar dapat menjadi pilihan transportasi terbaik bagi para penglaju di wilayah ini,“ tutup Anne Purba. (Ron)