Cetak 760 Gol, Ronaldo Belum Jadi Pemain Tersubur di Muka Bumi

MUS • Friday, 22 Jan 2021 - 15:55 WIB

Jakarta - Polemik datang ketika mega bintang sepakbola, Cristiano Ronaldo, mencetak gol ke-760 sepanjang karirnya pemain. Torehan itu membuat CR7 tercatat sebagai pemain tersubur sepanjang masa.

Gol ke-760 itu dicetak saat Juventus mengalahkan Napoli pada ajang Piala Super Italia, Kamis (21/01/2021). Ronaldo berhasil mencetak gol memanfaatkan hasil sepak pojok yang berbuah kemelut di depan gawang Napoli. Berkat gol Ronaldo dan Alvaro Morata, Juventus memantaskan diri untuk mendapatkan gelar Piala Super Italia ke-9 kalinya.

Rekor sebagai pemain tersubur sepanjang masa didapatkan Ronaldo seusai melewatkan torehan gol milik Josef Bican yang mengoleksi 759 gol. Namun status pemain tersebut di dunia, hanya sebentar saja dirasakan Ronaldo.

Pasalnya federasi sepak bola Republik Ceko mengklaim bahwa pemain kelahiran Wina Austria itu sebenarnya mencetak 821 gol di semua pertandingan resmi.

“Komite Sejarah dan Statistik FACR sudah menghitung semua gol yang dicetak oleh pesepakbola legendaris Josef Bican,” bunyi pernyataan FACR lewat akun Twitter mereka, dikutip dari Football Italia, Jumat (22/1/2021).

“Kami bisa mengumumkan Josef Bican sudah mencetak 821 gol di pertandingan resmi,” sambungnya.

Bican merupakan pemain yang pernah membela dua negara berbeda, yaitu Austria dan Cekoslowakia (sekarang Republik Ceko). Ia memulai karir sejak berusia 12 tahun, untuk tim junior Herta Vienna.

Jika klaim yang dibuat oleh FACR benar, sejatinya Ronaldo harus mencetak 61 gol lagi untuk menyamai capaian Bican. Namun hal itu rasanya tidak begitu sulit bagi Ronaldo, sebab di usia yang sudah menginjak 35 tahun, Ronaldo belum menunjukan penurunan ketajaman dalam mencetak gol.

Raihan gol Ronaldo ini sudah melewati torehan beberapa pemain paling subur lainnya. Seperti Lionel Messi (719), Romario (743), dan Pele (757).

Namun Pele juga mengklaim bahwa torehan Ronaldo belum melewati pencapaian dirinya. Legenda sepak bola Brasil itu mengungkapkan bahwa selama menjadi pemain sepak bola profesional, ia sudah mencetak 1.283 gol. Jelas angka itu jauh dari yang Ronaldo capai saat ini. (Han)