Kemensos Garda Depan Penanganan Dampak Bencana di Penjuru Tanah Air

ANP • Sunday, 17 Jan 2021 - 22:48 WIB

SURABAYA - Menteri Sosial RI Tri Rismaharini memastikan telah melakukan respon cepat dalam penanganan dampak bencana seperti tanah longsor di Sumedang, gempa bumi di Sulawesi Barat, banjir di Kalimantan Selatan, dan daerah lain. 

Mensos menyatakan, sejak bencana terjadi, Kemensos langsung turun ke lapangan melalui pilar sosial seperti Tagana, pekerja sosial, dan juga Unit Pelayanan Teknis (UPT)  setempat. "Sudah turun ya sejak bencana terjadi. Tagana di situ bergerak dan dibantu dari daerah sekitar. Semua (sumber daya) kita kerahkan termasuk di Kalimantan Selatan," kata Mensos Risma menjawab pertanyaan wartawan dalam kunjungannya di Unit Pelayanan Terpadu Daerah di Gedung Siola, Kota Surabaya (16/01).

Selain bantuan tanggap darurat seperti bantuan logistik yang sudah disalurkan ke lokasi bencana, peran aktif Kemensos juga dibuktikan dengan gerak cepat UPT Kemensos di lokasi bencana melakukan penanganan terhadap penyintas. 

Di Kalsel, Balai Besar Pelatihan Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Banjarmasin bergerak sejak  banjir melanda kawasan itu. "BBPPKS berupaya untuk turut serta membantu warga sekitar yang terdampak banjir dengan menyediakan kamar asrama sebagai shelter bagi para pengungsi,"  kata Kepala BBPPKS Banjarmasin Salahuddin Yahya. 

Salah satu wilayah yang terdekat dengan kantor BBPPKS Banjarmasin adalah Desa Malintang, Kabupaten Banjar.

Kini,  sebanyak 130 orang jiwa telah dievakuasi untuk diberikan tempat penampungan sementara sampai kondisinya memungkinkan untuk bisa kembali ke tempat tinggal masing-masing. "Bantuan logistik kami pastikan disiapkan untuk memberikan pelayanan yang maksimal bagi penyintas,"  Yahya menambahkan. 

Bersama itu juga bekerja  Tim Layanan Dukungan Psikososial BBPPKS Banjarmasin memberikan bantuan bagi warga di shelter pengungsian terutama bagi orang tua dan anak-anak. "Tentu saja dengan tetap melaksanakan protokol Covid 19, BBPPKS melakukan reaksi cepat atas kondisi terkini Kalimantan Selatan sekaligus upaya pengembangan peran BBPPKS dalam penanganan masalah kesejahteraan sosial,"  kata Yahya. 

Gerakkan cepat juga ditunjukkan oleh Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Mental (BRSPDM) "Budi Luhur" Banjarbaru. Balai "Budi Luhur" juga  memfungsikan satu asrama menjadi posko darurat bencana banjir. 

Hingga ini, tercatat ada sebanyak 22 warga penyintas bencana banjir dari wilayah Martapura mengungsi di posko darurat bencana banjir, terdiri dari 2 orang lanjut usia (lansia), 10 orang suami istri, 3 orang remaja, serta 7 anak-anak serta bayi.

"Saat ini, bagi para penyintas sudah mendapatkan layanan pengecekan kesehatan, bantuan pakaian layak pakai, serta permakanan atau logistik selama berada di posko," kata Kepala Balai Herry Pawoko. 

Ia telah menugaskan kepada para pegawai, terutama pekerja sosial untuk mendampingi penyintas yang berada di posko untuk memberikan layanan psikososial. 

"Pekerja sosial langsung memberikan layanan psikososial dan trauma healing bagi warga para penyintas tersebut, sehingga dapat membantu mereka dalam menghadapi pasca terjadi bencana banjir yang melanda, "kata  Pawoko.

Di Makassar, BBPPKS Makassar menurun tim reaksi cepat (TRC) beranggotakan 7 personel yang dipimpin langsung oleh Kepala Balai Rasman. 

Menurut Rasman bantuan terhadap bencana tersebut merupakan bentuk kepedulian dalam misi kemanusiaan.

"Kami akan membantu bagi mereka yang terdampak bencana ini secara maksimal, baru saja saya dan tim membantu salah satu korban yang mau melahirkan," kata Rasman

Dalam kesempatan itu, BBPPKS Makasar juga memberikan bantuan meliputi, Peralatan makan, air mineral, selimut dan terpal.

Kunjungan ke Surabaya
Hari ini Mensos Risma melakukan kunjungan kerja ke Kota Surabaya.  Pagi hari Risma mengunjungi Unit Pelayanan Terpadu Daerah (UPTD) di Gedung Siola. 

Selanjutnya rombongan bergerak ke  UPTD Dinas Sosial Kota Surabaya yaitu Lingkungan Pondok Sosial Kalijudan yang membina eks anak-anak gelandang dan pengemis dan anak-anak Penyandang Disabilitas, UPTD Griya Werdha Jambangan yang melayani lansia terlantar/miskin, serta UPTD Kampung Anak Negeri yang membina mantan anak-anak jalanan dan terlantar. 

Pemberdayaan anak-anak terlantar dan lansia akan menjadi salah satu fokus prioritas Kementerian Sosial  ke depan, " kata Mensos. 

Mensos dan rombongan juga  mengunjungi Taman Makam Pahlawan Nasional 10 November di Jalan Mayjen Sungkono, Surabaya. Ia memberikan arahan kepada Dirjen Pemberdayaan Sosial Edi Suharto yang  mendampingi kunjungan ini, bagaimana menata TMP agar lebih menarik dan rapi. 

Di akhir kunjungannya, Mensos dan rombongan menuju ke kawasan eks loyalitas Gang Dolly. Mensos menyaksikan geliat industri rumah tangga yang terus berkembang sejak lokalisasi ditutup di kawasan ini. (ANP)