Menkes: Bantu para Tenaga Medis dengan Patuhi Protokol Kesehatan

ANP • Monday, 11 Jan 2021 - 22:42 WIB

JAKARTA - Upaya keras pemerintah dalam menghadapi dan menangani pandemi Covid-19 di sisi hilir tidak akan lengkap bila tanpa dibarengi dengan upaya di sisi hulu atau pencegahan. Maka itu, kesadaran seluruh pihak untuk melakukan upaya proaktif mencegah penyebaran Covid-19 amat diharapkan.

"Apa yang kita lakukan itu sifatnya semua di hilir. Kita harus pelan-pelan bergeser ke cara penanganan proaktif di hulu dan penyebabnya," ujar Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam keterangan bersama Menko Perekonomian di Kantor Presiden, Jakarta, pada Senin, 11 Januari 2021.

Menkes menjelaskan, upaya dari sisi hulu tersebut dibutuhkan untuk mencegah agar rumah sakit tidak mengalami overkapasitas, tidak banyak saudara kita yang terinfeksi Covid-19, dan membantu para tenaga medis yang saat ini tengah berjuang melakukan penanganan.

Pandemi yang telah berlangsung selama berbulan-bulan baik di Indonesia maupun di seluruh negara di dunia masih membutuhkan kedisiplinan masyarakat untuk patuh terhadap protokol kesehatan.

"Saya minta tolong, patuhi protokol kesehatan. Pakai masker, jaga jarak, cuci tangan, dan jangan berkerumun. Mari kita hormati rekan-rekan tenaga kesehatan yang sudah mendahului kita agar pengorbanan mereka itu tidak sia-sia. Mereka memerangi pandemi ini dan semoga kita bersama bisa mengatasi pandemi ini," tandasnya. (ANP)