Besok, Yonex Thailand Open 2021 akan Bergulir

MUS • Monday, 11 Jan 2021 - 14:12 WIB

Jakarta - Pecinta bulutangkis akhirnya bisa kembali menyaksikan olahraga kegemarannya pada Yonex Thailand Open 2021 Selasa, (12/01/2021). Ajang ini menjadi pembuka kembalinya turnamen bulutangkis dunia pada kalender BWF, yang  sempat terhenti akibat pandemi Covid-19.

Yonex Thailand Open 2021 besok akan bergulir di Impact Arena Bangkok, Thailand. Ada sembilan wakil Indonesia yang akan bermain di hari pertama.

Dibuka dengan ganda campuran Indonesia Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja yang berhadapan dengan wakil dari India, Satwiksairaj Rankireddy/Ashwini Ponnappa.

Dilanjut dengan ganda putra Fajar Alfian/Rian Ardianto yang berhadapan dengan ganda putra tuan rumah Nipitphon Phuangphuapet/Tanupat Viriyangkura. Terakhir Anthony Sinisuka Ginting akan menantang wakil Korea Selatan Heo Kwang Hee.

Sementara di lapangan dua, ada Jonathan Christie yang berhadapan dengan wakil dari Singapura Loh Kean Yew. Untuk tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung akan menantang tunggal putri asal Korea Selatan Sung Ji Hyun.

Dilanjutkan dengan ganda campuran Indonesia Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso yang menantang ganda campuran peringkat 18 asal Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying. Siti Fadia Ramadhanti/Ribka Sugiarto akan menutup pertandingan di lapangan dua, berhadapan dengan wakil dari Prancis Emilie Lefel/ Anne Tran.

Di lapangan tiga hanya ada dua wakil Indonesia yang saling berhadapan di putaran pertama. Duel merah putih ganda putra Indonesia mempertemukan Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana, dengan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin. Keduanya akan saling berebut tiket melaju ke putaran kedua Yonex Thailand Open 2021.

Walau tanpa ganda putra unggulannya, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, peluang Indonesia meraih hasil maksimal masih terbuka. Raihan gelar pada turnamen kali ini masih bisa diharapkan dari wakil Indonesia lainnya.

Sementara tim Bulutangkis Indonesia sudah berlatih di venue Yonex Thailand Open 2021 Senin(10/01/2021). Latihan ini digunakan untuk proses adaptasi para pemain.

"Latihan pertama di arena pertandingan ini kita gunakan sebagai proses adaptasi bagi pemain. Maklum, latihan sebelum-sebelumnya hanya di tempat latihan. Kondisi para pemain juga baik dan latihan bisa jalan dengan baik. Konsentrasi anak anak pun lumayan baik," sebut Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Rionny Mainaky.

Adapun masalah yang dihadapi para pemain setiap kali bertanding ialah arah angin begitu kencang yang membuat pemain kesulitan.

"Kita mencoba tempat pertandingan, sekaligus untuk mengetahui arah angin. Mana lapangan yang menang dan yang kalah angin. Ini untuk adaptasi. Karena ada lima pasangan, kalau main dua lawan dua terus, ada pasangan yang tidak main. Jadi variasi dua lawan tiga. Semua pemain bisa mencoba bermain di tempat pertandingan," tutur kepala pelatih ganda putra Herry Iman Pierngadi.

Nantinya Yonex Thailand Open 2021 akan memulai pertandingan pada Selasa (12/01/2021). Pertandingan pertama akan dibuka dengan pertandingan ganda putri Thailand Busan Ongbramrungphan yang akan berhadapan dengan Sabrina Jaquet asal Swiss di lapangan satu. Serta di lapangan dua Oliver Leydon-davis/Anona Park asal Selandia Baru melawan Chang Tak Ching/ NG Wing Yung asal Hongkong. Nantinya TVRI akan menyiarkan mulai pukul 09.00 WIB. (Han)