Lancar dan Aman, ASDP Sukses Layani Arus Berangkat Angkutan Natal

ANP • Thursday, 24 Dec 2020 - 22:56 WIB

Jakarta - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) sukses melayani arus berangkat Angkutan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 yang berjalan lancar, aman, nyaman dan sehat mulai dari Jumat (18/12) atau H-7 hingga Rabu (23/12) atau H-2 periode Angkutan Natal dan Tahun Baru ini. 

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi mengatakan, selama periode Nataru ini ASDP terus berupaya menghadirkan layanan prima kepada pengguna jasa penyeberangan, khususnya di 10 lintasan terpantau khusus. "Untuk lintasan penyeberangan Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk memang menjadi perhatian utama dikarenakan memiliki demand terbesar dan jalur tersibuk yang dikelola ASDP. Namun, kami pastikan layanan penyeberangan di kedua lintasan tersibuk ini berjalan lancar dan aman pada periode arus berangkat Nataru ini seiring kesiapan sarana, prasarana serta dukungan dari seluruh stakeholder termasuk pengguna jasa ASDP," tuturnya.  

Jika melihat data sesuai prediksi puncak arus berangkat dari Jawa ke Sumatera terjadi pada Rabu (23/12) atau H-2, dengan total penumpang yang menyeberang hampir 50 ribu orang. "Dengan kapasitas terpasang yang memadai, dan pola keberangkatan pengguna jasa yang telah teratur melalui pembelian tiket online Ferizy, maka trafik selama arus berangkat Nataru sangat lancar, dan antrian dapat diminimalisir," tutur Ira. 

Berdasarkan data Posko Merak mulai Jumat (18/12) atau H-7 hingga Rabu (23/12) atau H-2 mencatat jumlah total penumpang yang menyeberang dari Jawa ke Sumatera sebanyak 228.600 orang atau turun 22 persen bila dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 294.900 orang. Diikuti kendaraan roda dua total sebanyak 6.200 unit atau turun 14 persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 7.200 unit, lalu kendaraan pribadi (R4) sebanyak 29.900 unit atau turun 10 persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 33.300 unit. Dan total seluruh kendaraan sebanyak 54.400 unit atau turun 7 persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 58.600 unit. 

Sebaliknya, data Posko Bakauheni 24 jam terhitung mulai dari H-7 hingga H-2 mencatat total penumpang yang menyeberang dari Sumatera ke Jawa mencapai 162.100 orang atau turun 33 persen bila dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebanyak 240.400 orang. Diikuti kendaraan roda dua total sebanyak 3.700 unit atau turun 23 persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 4.800 unit. Lalu mobil pribadi yang menyeberang sejak H-7 hingga H-2 dari Sumatera ke Jawa mencapai 20.100 unit atau mengalami penurunan 23 persen bila dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 26.100 unit. Adapun total seluruh kendaraan yang menyeberang dari Bakauheni ke Merak sejak H-7 hingga H-2 tercatat mencapai 41.500 unit atau turun 14 persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 48.400 unit. 

"Kami terus mengimbau kepada seluruh pengguna jasa, agar tetap berhati-hati di perjalanan, tetap waspada cuaca buruk, serta menjaga stamina tubuh dan kendaraan yang digunakan agar perjalanan liburan tetap aman, nyaman dan sehat. Hal yang juga penting, pengguna jasa dimanapun berada agat tetap mematuhi protokol kesehatan mulai dari memakai masker, rajin mencuci tangan dengan air dan sabun, serta menjaga jarak (physical distancing) guna menghindari penularan Covid-19," tutur Ira. 

Pada periode layanan libur panjang ini, ASDP juga menerapkan proses screening (stopper) di sejumlah titik akses jalan menuju pelabuhan yang berperan untuk memastikan bahwa pengguna jasa sudah memiliki tiket. Dengan demikian, penumpukan kendaraan di area toll gate pelabuhan dapat dihindari. Sejumlah lokasi yang menjadi lokasi screening diantaranya, wilayah Merak berada di rest area KM 43, exit tol Merak, dan jalur Cikuasa Atas. Untuk wilayah Bakauheni berada di rest area jalan tol KM 20. Sedangkan untuk di Ketapang berada di Terminal Bus Sri Tanjung, dan di Gilimanuk berada di Terminal Cargo Cekik. (ANP)