Tetap Harus Banyak Bersyukur Ketika Sedang Kesulitan 

MUS • Friday, 18 Dec 2020 - 15:06 WIB

Jakarta - Dalam masa sulit seperti ini, setiap manusia harus tetap banyak bersyukur kepada Allah SWT karena tanpa disadari masih banyak nikmat yang diterima manusia. Mulai dari nikmat iman hingga nikmat bisa bernafas yang banyak kurang disadari oleh kita semua. 

Hal tersebut disampaikan dalam program Dai Muda episode 46 dengan tema “Bersyukur atas nikmat tanpa batas Allah SWT.” Program Dai Muda ini merupakan Program Variety Religi yang ada di aplikasi RCTI+ dan dibawakan oleh dai muda dengan gaya yang lebih asik dan seru. Hafidul Ahkam dan Azmi Askandar lah yang akan memandu program ini. 

Pada episode tersebut, Hafidul sedikit menjelaskan bagaimana manusia itu banyak sekali menerima nikmat dari Allah SWT, ia memberikan contoh, “Guru saya pernah bertanya kepada saya, kamu mau tidak diberikan emas satu gunung tapi jari kamu dipotong satu, kamu mau gak? Tentu saja saya menjawab tidak mau,” jelas Ahkam menerangkan bahwa tubuh yang sempurna itupun meruapakan sebuah nikmat yang luar biasa dari Allah SWT. 

Masih membahas nikmat, Guz Azmi mengungkapkan prinsipnya yang diambil dari sebuah hadist. Menurut Azmi, “Ketika kamu mendapatkan rezeki, jangan lihat nilainya, tetapi lihat siapa yang memberikannya” dalam hal ini berarti Allah SWT. 

Selanjutnya, Azmi pun juga menjelaskan bagaimana cara-cara untuk bisa menyukuri nikmat Allah SWT antara lain dengan, “Menjaga kesehatan, beribadah hingga bertakwa, yang artinya menjauhi larangan Allah SWT dan melakukan semua perintahnya.” 

Selama satu jam, Azmi dan Ahkam berbincang mengenai syukur dan memberikan contoh-contohnya dari pengalaman mereka masing-masing. Kalau penasaran dengan perbincangan mereka, viewers RCTI+ bisa langsung melihatnya secara langsung melalui link: https://www.rctiplus.com/programs/989/dai-muda/episode/18935/bersyukur-tanpa-batas-atas-nikmat-allah-tiada-batas.