PMI DKI Berikan Penghargaan bagi Pendonor Darah Sukarela 50 Kali

MUS • Saturday, 12 Dec 2020 - 16:46 WIB

Jakarta - Sebagai wujud cinta kasih dan ucapan terima kasih kepada para donor darah sukarela, Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan acara pemberian Penghargaan Donor Darah Sukarela 50x kepada 300 orang donor yang telah menyumbangkan darahnya secara sukarela dan tanpa pamrih untuk diberikan kepada para pasien yangmembutuhkan di rumah sakit.

Kegiatan pemberian penghargaan ini merupakan salah satu program tahunan dari UDD PMI Provinsi DKI Jakarta. Sebelum masa pandemi kegiatan ini dilakukan secara langsung. Tetapi, tanpa mengurangi rasa khidmat dan kebersamaan diantara para donor darah ke 50x tahun ini, serta menghindari kegiatan berkumpul dalam jumlah besar, pemberian penghargaan kali ini dilakukan melalui media virtual (zoom).

"Karenanya PMI DKI Jakarta saat ini memiliki visi dan misi SIAP (Sigap, Inovatif, Akuntabel, Profesional) serta dicintai masyarakat. Bila ini kita lakukan dan jalankan, maka PMI DKI Jakarta kedepan akan mampu menjadi wadah sosial kemanusiaan yang jauh lebih baik dan menjadi terdepan dalam menjalankan fungsi dan tugas kemanusiaan," ucap Sekretaris Pengurus PMI Provinsi DKI Jakarta, Arief Rachman, dalam sambutannya pada acara hari ini.

Arief Rachman beserta pengurus lainnya, yang mewakili Ketua PMI DKI Jakarta, menghadiri langsung acara ini dan menyerahkan piagam penghargaan kepada para donor 50x dengan nomor urut 1 s/d 75 yang diselenggarakan di Aula PMI Provinsi DKI Jakarta, di Jl. Kramat Raya No 47 Jakarta Pusat.

Rincian donor yang menerima penghargaan ini terdiri dari peserta :

- Wanita sebanyak 35 orang 
- Pria sebanyak 265 orang 
- Donor Golongan Darah A sebanyak 74 orang 
- Donor Golongan Darah B sebanyak 85 orang 
- Donor Golongan Darah AB sebanyak 18 orang 
- Donor Golongan Darah O sebanyak 123 orang 
- Pendonor Apheresis terbanyak atas nama Dwi Heriyanto dengan total donor sebanyak 157x 
- Pendonor penerima penghargaan 50x dengan usia tertua atas nama Shofuan (71 th) 
- Pendonor penerima penghargaan 50x dengan usia termuda ata nama Adi Septiawan (28 th).

Ini merupakan kali pertama terselenggaranya acara pemberian piagam penghargaan dilakukan melalui virtual, mengingat penyebaran covid-19 yang masih terus menyebar. Untuk itu, Ketua PMI DKI Jakarta Rustam effendi, menghimbau agar acara ini berlangsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan 3M (Memakai masker, Menjaga jarak dan Mencuci tangan).

Donor darah adalah pelayanan kemanusiaan. Dengan kita mendonorkan darah dapat membantu menyelamatkan hidup sesama yang membutuhkan, dengan slogan “Mereka Selamat Kita Sehat”.

"Aktivitas donor darah sebagai kegiatan yang mulia karena dapat menolong sesama tanpa membedakan suku, agama, ras dan golongan. Mereka berdonor dengan ikhlas tanpa harapan balasan dan itu haruslah kita memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat yang membutuhkan darah," kata Rustam.

Mengingat menurunnya jumlah stok darah khususnya di wilayah Provinsi DKI Jakarta serta kebutuhan akan permintaan darah dari rumah sakit yang terus meningkat setiap harinya, Rustam effendi mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk sama-sama mensosialisasikan kegiatan donor darah tetap aman dilakukan di masa pandemi saat ini. Karena UDD PMI DKI Jakarta sangat ketat menjalankan protokol kesehatan demi menjaga kesehatan dan keselamatan para donor yang datang untuk berdonor darah.

Dengan diselenggarakannya acara pemberian penghargaan Donor darah Sukarela 50x pada hari ini, diharapkan dapat menjadi semangat dan memicu orang lain untuk melakukan donor darah setiap 2 bulan sekali.