Mengenal Full-path Color Management System Perdana OPPO Find X3

ANP • Thursday, 10 Dec 2020 - 23:18 WIB

Jakarta - OPPO mengumumkan secara resmi Full-path Color Management System yang akan tersedia  perdana pada seri Find X3 yang merupakan smartphone flagship dari OPPO pada tahun 2021. Full-path Color Management System adalah sistem manajemen warna Android pertama yang mendukung penuh gamut warna DCI-P3 dan kedalaman warna 10-bit mulai dari proses pengambilan, penyimpanan, dan tampilan gambar dan video. Sistem ini memberikan pengalaman menonton yang luar biasa dengan reproduksi warna yang otentik dan akurat.

Patrick Owen, Chief Creative Officer, OPPO Indonesia, menjelaskan, warna mampu menginspirasi kreativitas dan memengaruhi persepsi kita terhadap realita. Kami menyempurnakan setiap aspek sistem manajemen warna pada perangkat smartphone sehingga memberikan lebih banyak visual berkualitas. Tim R&D OPPO telah  mengembangkan Full-path Color Management System yang merupakan fungsi fundamental dalam tingkat sistem. Kini OPPO telah mencapai standar baru di mana setiap layar dapat menampilkan warna yang sama demi memastikan akurasi dan ketepatan.

“Berdasarkan performa warna luar biasa dari Find X2 Pro, Full-path Color Management System yang baru telah dikembangkan dengan cermat guna mendukung pengambilan gambar 10bit dan format HEIF. Sistem ini menghasilkan gamut warna yang lebih luas dan akurasi warna yang lebih baik seperti aslinya, tanpa mengompresi resolusi visual pada saat di-share melalui aplikasi media sosial. Kami ingin memberikan pengalaman warna yang mulus dan sistematis kepada pengguna untuk menjelajah, mengabadikan, dan mengekspresikan diri mereka sepenuhnya," tegasnya.

Tren ke depan akan berfokus pada gamut warna yang lebar dan kedalaman warna yang tinggi, tim teknisi R&D OPPO mampu mereproduksi warna dengan meningkatkan sistem dan perangkat keras pendukung. Sistem ini merupakan solusi end-to-end yang mendukung segala aspek mulai dari proses pengambilan gambar, hingga komputasi, encoding, penyimpanan, decoding, dan akhirnya penampilan gambar yang mendukung format HEIF dengan kedalaman warna tinggi 10bit dan gamut warna lebar P3.

Kalibrasi layar OPPO memungkinkan akurasi warna yang setara dengan film digital profesional dengan nilai JNCD sekitar 0,4. Di sisi lain, algoritma milik OPPO menjamin kompatibilitas gamut warna dengan menyesuaikan DCI-P3 dan titik putih D65 pada tengah ruang warna.

Kedalaman warna 10-bit meningkatkan gradien warna untuk kualitas konten visual selama pembuatan dan pasca-pengeditan lebih baik. Sementara itu, dengan ukuran hanya sekitar 50% dari gambar JPEG, format HEIF yang baru dapat mendukung berbagai multimedia seperti gambar statis, Exif, informasi kedalaman gambar, dan video dinamis sehingga memungkinkan pengguna lebih bebas berkreasi.

Melalui manajemen warna kami yang otentik, akurat, dan individual, OPPO Find X3 menawarkan cara yang intuitif bagi pengguna untuk berpetualang dan mengabadikan kehidupan dengan penuh warna,” tutup Patrick Owen. (ANP)